Lambar akan Dapat Bantuan 40.000 Bibit Lada

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kabupaten Lambar akan mendapatkan bantuan bibit lada sebanyak 40.000 batang dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkebunan Kementerian Pertanian. 

Bantuan tersebut berkat aspirasi yang disampaikan Ketua Komisi IV DPR RI Sudin kepada Kementerian Pertanian dan bantuan tersebut akan direalisasikan pada November mendatang.

Bacaan Lainnya



“Bantuan bibit tanaman lada sebanyak 40.000 batang itu akan dialokasikan untuk 40 kelompok tani yang tersebar di beberapa kecamatan. Setiap Poktan akan menerima bantuan sebanyak 1.000 batang bibit lada,” ujar Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Agustanto Basmar, S.Pd, M.Si, Senin (12/10).

Selain bibit lada, kata dia, Ditjen Perkebunan juga akan mengalokasikan bantuan pupuk organik sebanyak 10 ton yang juga akan dibagikan kepada Poktan penerima bantuan bibit lada.

“Saat ini prosesnya sedang tahapan lelang, dan rencananya November mendatang bantuan bibit lada tersebut akan disalurkan kepada Poktan,” imbuhnya.

Terkait bantuan bibit lada tersebut, kata Agustanto, hari ini Ketua dan Sekretaris 40 Poktan calon penerima bantuan mengikuti sosialisasi di kantor Disbunnak Lambar sekaligus penandatanganan berita acara.

“Kita berharap bantuan bibit lada tersebut dapat dimanfaatkan oleh petani untuk ditanam disela sela tanaman kopi dan kedepan produksi lada di Kabupaten Lambar akan meningkat sehingga pada akhirnya kesejahteraan petani meningkat,” kata dia

Dikonfirmasi secara terpisah, Ketua Poktan Pemuda Tani Pekon Sukabumi Kecamatan Batubrak Mahbub mengungkapkan, pihaknya berterima kasih kepada Ketua Komisi 4 DPR RI Sudin dan Pemerintah yang akan memberikan bantuan bibit tanaman lada kepada Poktan di Kabupaten Lambar. 

“Dengan adanya bantuan ini, tentunya kami senang dan berterima kasih. Bantuan ini akan kita tanam dan kita rawat sebaik mungkin sehingga kedepan hasil produksi lada meningkat,” kata Mahbub.

Ia mengatakan, pihaknya baru pertama menerima bantuan bibit lada dari pemerintah dan diharapkan kedepan Poktan Pemuda Tani akan kembali mendapatkan bantuan. 

“Sebelumnya kita sudah pernah menanam lada namun banyak yang mati dan diharapkan bantuan bibit lada dari pemerintah ini nantinya tubuh dengan baik sehingga menambah penghasilan petani,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait