Lambar Alami 40 Bencana, Kerugian Capai Rp524 Juta 

  • Whatsapp
Kepala BPBD Lambar Maidar, S.H , M.Si

Medialampung.co.id – Kabupaten Lambar mengalami kejadian bencana hingga 40 kali dalam kurun delapan bulan, sejak Januari-Agustus 2021.

Bencana tersebut seperti kebakaran, longsor, gempa, banjir, pohon tumbang, korban tenggelam hingga angin kencang.

Bacaan Lainnya

“Dari Januari hingga saat ini tercatat 40 bencana terjadi di Kabupaten Lambar, dengan total kerugian mencapai Rp524 juta lebih,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maidar, S.H, M.Si, Kamis (26/8).

Ia menjelaskan, dari 40 kejadian bencana tersebut yaitu untuk korban jiwa satu orang meninggal dunia, luka ringan satu orang, rumah terendam 7 unit, rusak berat 3 unit, rusak sedang satu unit, rumah rusak ringan empat unit, serta terdampak dua unit. Kemudian fasilitas umum rusak berat dua unit, rusak sedang dua unit, rusak ringan tujuh unit dan terdampak 3 unit.

“Mengingat Kabupaten Lambar merupakan daerah rawan bencana, kita mengimbau kepada masyarakat Lambar untuk tetap waspada terhadap kondisi cuaca yang ada,” harapnya

Lanjut Maidar, sebanyak 40 kejadian bencana itu rinciannya tujuh bencana terjadi di bulan Januari, dua bencana di bulan Februari, tujuh bencana terjadi di bulan Maret, 11 bencana di bulan April, sembilan bencana di bulan Mei, dan tiga bencana terjadi di bulan Juni dan satu terjadi di bulan Agustus.

“Khusus bulan Juli Alhamdulillah tidak ada kejadian bencana alam,” kata dia seraya menambahkan, jika melihat data yang ada mayoritas bencana yang terjadi di Kabupaten Lambar adalah gempa, tanah longsor, dan kebakaran.(lus/mlo)


Pos terkait