Lambar Dapat Bantuan Pembangunan Bangsal Sayuran

  • Whatsapp
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Yedi Ruhyadi, S.P.

Medialampung.co.id – Sektor hortikultura tak luput mendapatkan perhatian dari pemerintah. Seperti halnya tahun ini Pemerintah Provinsi Lampung mengalokasikan bantuan berupa pembangunan satu unit bangsal di Kabupaten Lambar.

“Pemprov mengalokasikan bantuan pembangunan bangsal sayur mayur untuk Kelompok Wanita Tani (KWT) Harapan Jaya Pekon Sedampahindah Kecamatan Balikbukit. Saat ini sedang dalam proses pengerjaan,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Yedi Ruhyadi, S.P.

Menurut dia, bantuan pembangunan bangsal sayuran tersebut untuk pasca panen jadi sayur mayur yang dijual nantinya akan melalui sortasi oleh petani.

“Dengan adanya bangsal pasca panen ini diharapkan mampu membantu para petani dalam hal penjualan hasil panen dan menjaga stabilitas harga komoditas hortikultura,” imbuhnya. 

Lebih lanjut ia memaparkan, pembangunan bangsal ini adalah sebagai upaya mensejahterakan petani. Dimana selama ini, hasil panen dari sektor hortikultura seperti bawang, sayur, cabe dan lain sebagainya sangatlah tinggi.

Namun demikian, kendala yang dihadapi oleh para petani yakni tidak memiliki tempat untuk menjual hasil panen itu. Tak jarang para petani harus bergantung pada pengepul yang pada akhirnya harga yang didapat tak memuaskan. 

“Selama ini petani menjual hasil panen mereka dari kebun langsung ke pengepul. Namun dengan adanya bangunan itu sayur mayur sudah disortir dan dikemas sehingga meningkatkan nilai jual dan minat masyarakat untuk membeli sayur mayur,” kata dia seraya menambahkan, dengan adanya pembangunan bangsal sayuran ini diharapkan kedepan harga sayur mayur relatif stabil sehingga penghasilan petani di Kabupaten Lambar bisa lebih meningkat. (lus//mlo)



Pos terkait