Lambar Dapat Dua Alat Monitor Gempa

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kabupaten Lampung Barat mendapatkan dua alat monitor gempa atau Warning Receiver System (WRS) dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung, yang dipasang di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Kepala BPBD Lambar Maidar mengatakan, pemasangan WRS tersebut  dilakukan oleh BMKG dalam sepekan terakhir, dalam  mendeteksi gempa diatas lima Skala Richter (SR) dan alat monitoring pendeteksi gempa dibawah lima Skala Richter.

Bacaan Lainnya



“Untuk alat monitoring pendeteksi gempa diatas lima SR sebenarnya memang sudah ada di BPBD, hanya di ganti yang baru saja, tapi kalau alat monitoring pendeteksi gempa dibawah lima SR sebelumnya memang belum ada,” jelas Maidar, Senin (6/7).

Menurut Maidar, dengan adanya penggantian dan penambahan alat tersebut akan sangat membantu, mengingat Kabupaten Lampung Barat termasuk Kabupaten yang rawan bencana gempa bumi.

“Dengan adanya alat pendeteksi gempa ini kita bisa mengetahui kekuatan dan dimana titik koordinat gempa, sehingga jika bencana terjadi kita bisa meminimalisir jatuhnya korban jiwa,” ujarnya. 

Terakhir dia mengimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan informasi dari pihak BPBD apabila terjadi bencana alam termasuk gempa bumi. 

“Selain itu kami imbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, dan sebagai bentuk antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, kami mengimbau masyarakat untuk memastikan konstruksi pada bangunan permanen yang dibangun dengan konstruksi tahan gempa, kemudian melihat rumah-rumah asli penduduk Lambar yang bermaterial kayu itu merupakan salah satu konstruksi yang tahan gempa sehingga tentunya konstruksi seperti itu baik untuk dipilih,” imbuhnya. (nop/mlo)



Pos terkait