Lambar Kekurangan Dokter Gigi

  • Whatsapp
Sekretaris Dinkes Lambar Cahyani Susilawati

Medialampung.co.id – Kabupaten Lampung Barat hingga kini masih kekurangan dokter gigi. Dari 15 Puskesmas yang ada, hanya lima Puskesmas yang ada dokter gigi sedangkan 10 Puskesmas masih kosong.

“Sejauh ini baru lima Puskesmas yang telah ada dokter gigi yaitu Puskesmas Liwa, Puskesmas Pagardewa, Puskesmas Pajarbulan, Puskesmas Suoh dan Puskesmas Kebuntebu sedangkan 10 Puskesmas lainnya masih belum ada dokter gigi,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Cahyani Susilawati, S.K.M, M.Kes, mendampingi Kepala Dinas Kesehatan dr. Widyatmoko Kurniawan, S.Pb, Selasa (24/8).

Bacaan Lainnya

Terkait kekurangan dokter gigi tersebut, lanjut Cahyani, pihaknya telah mengusulkan kepada pemerintah pusat dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lambar agar dilakukan penambahan dokter gigi.

“Dari lima orang dokter gigi tersebut tidak semua berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) namun hanya satu orang yang berstatus PNS, kemudian dua orang pegawai tidak tetap (PTT) dan dua orang nusantara sehat,” kata dia.

Pihaknya berharap kedepan kekurangan dokter gigi di tingkat Puskesmas ini dapat terisi untuk seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Lambar. 

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala BKPSDM Drs. Ahmad Hikami mengungkapkan, pihaknya telah berkali kali mengusulkan untuk CPNS formasi dokter gigi kepada pemerintah pusat.

“Kita sudah beberapa kali mengusulkan untuk CPNS formasi dokter gigi, bahkan tahun ini mengusulkan 13 formasi namun hanya ada satu pelamar yang mendaftar yaitu untuk Puskesmas Kenali sedangkan 12 formasi tidak ada pelamarnya,” pungkas dia. (lus/mlo)


Pos terkait