Lambar Kekurangan Penyuluh KB Berstatus PNS

  • Whatsapp
Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) M Henry Faisal, S.H, M.H.

Medialampung.co.id  – Kabupaten Lambar hingga saat ini masih kekurangan penyuluh keluarga berencana (KB) berstatus pegawai negeri sipil (PNS).

“Jumlah penyuluh KB di Lambar yang berstatus PNS saat ini hanya ada 19 orang sehingga satu orang bisa mengcover beberapa pekon. Idealnya satu pekon satu penyuluh KB,” ujar Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) M Henry Faisal, S.H, M.H.

Bacaan Lainnya



Guna mencukupi kekurangan tersebut, kata dia, selama ini pihaknya memberdayakan pembantu penyuluh KB sebanyak 136 orang dan sub pembantu penyuluh KB sebanyak 920 orang untuk membantu penyuluh KB dalam memberikan penyuluhan tentang KB dan kegiatan lainnya kepada masyarakat.

 Ia menyebutkan pada tahun lalu, Kabupaten Lambar mendapatkan penambahan dua orang penyuluh KB berstatus PNS dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). “Tahun lalu kita dapat penambahan dua orang penyuluh KB berstatus PNS, namun kita akan tetap untuk mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk dilakukan penambahan kembali,” ucapnya. 

Henry optimis target jumlah  aseptor di Kabupaten Lambar tahun ini sebanyak 17 ribu aseptor akan terealisasi. “Kita tetap optimis target aseptor tersebut akan tercapai, meskipun saat ini sedang ada wabah virus corona” ungkap dia seraya menambahkan pada tahun 2019 lalu, target aseptor di Kabupaten Lambar sebanyak 15 ribu aseptor.

Untuk mencapai target sebanyak 17 ribu aseptor itu, kata dia, dengan adanya pandemi Covid-19 ini sedikit susah tapi pihaknya akan berupaya dengan memberdayakan penyuluh KB, pembantu penyuluh KB dan sub pembantu penyuluh KB untuk bergerak melakukan pelayanan door to door mendatangi rumah warga. “Mudah-mudahan target aseptor tahun ini terealisasi sesuai dengan target yang ditentukan,” pungkas Henry. (lusi/mlo)



Pos terkait