Lambar Masih Kekurangan Puskeswan

  • Whatsapp
Kabid Peternakan Dinas Perkebunan dan Peternakan Alma' Arif

Medialampung.co.id – Kabupaten Lambar hingga kini masih kekurangan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan). Padahal keberadaan Puskeswan sangat penting untuk tempat  memeriksakan kesehatan atau gangguan hewan ternak peliharaan  masyarakat.

Dari 15 kecamatan di Kabupaten Lambar yang memiliki Puskeswan baru enam kecamatan sedangkan sembilan kecamatan belum memiliki Puskeswan. 

Bacaan Lainnya

“Idealnya satu kecamatan memiliki satu Puskeswan, namun di Kabupaten Lambar baru ada enam kecamatan yang ada Puskeswan yaitu Kecamatan Bandarnegeri Suoh, Kecamatan Lumbokseminung, Kecamatan Balikbukit, Kecamatan Waytenong, Kecamatan Batuketulis dan Kecamatan Gedungsurian,” kata Kabid Peternakan Alma Arif  mendampingi Kepala Disbunnak  Nata Djudin Amran, Rabu (28/4).

Sementara sembilan kecamatan yang belum memiliki Puskeswan yakni Kecamatan Sukau, Kecamatan Kebuntebu, Kecamatan Belalau, Kecamatan Sumberjaya, Kecamatan Pagardewa, Kecamatan Sekincau, Kecamatan Batubrak, Kecamatan Suoh, dan Kecamatan Airhitam. 

“Untuk kekurangan Puskeswan ini telah kita usulkan kepada Pemerintah Pusat dan kita utamakan untuk Kecamatan Waytenong karena selama ini gedung disana masih sistem sewa bangunan milik warga sehingga kita prioritaskan diusulkan untuk dilakukan pembangunan,” kata dia.

Kata dia, fungsi Puskeswan yaitu pelaksanaan penyehatan hewan pemberian pelayanan kesehatan masyarakat veteriner; pelaksanaan epidemiologi, pelaksanaan informasi veteriner dan kesiagaan darurat wabah; dan pemberian pelayanan jasa.

“Bagi masyarakat yang ingin memeriksakan hewan ternaknya silahkan datang ke Puskeswan,”  pungkas dia. (lus/mlo)


Pos terkait