Lambar Raih Penghargaan WTP ke-11 Kalinya

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar meraih penghargaan opini wajar tanpa  pengecualian (WTP) untuk yang ke-11 kalinya dalam acara Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021. 

Penghargaan yang diberikan oleh Badan Pengawas Keuangan Republik Indonesia tersebut, berdasarkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Lambar tahun 2020, Selasa (14/9).

Bacaan Lainnya

Dalam  acara yang dilakukan secara virtual di Ruang Rapat Pesagi Kantor Bupati itu, tampak hadir Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin.

Dalam sambutannya, Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani, S.E., M.Sc., Ph.D., menjelaskan bahwa untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan yang baik, Pemerintah harus menjaga tata dan kelolanya.

“Kita juga berharap APBN dan APBD bisa menjadi instrumen keuangan Negara untuk memulihkan keuangan negara dalam waktu yang sulit seperti saat ini. Kita juga harus bisa melakukan akuntabilitas keuangan negara secara inovatif dan kreatif,” tegasnya.

Sri Mulyani mengungkapkan, tahun ini pemerintah pusat kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk LKPP Tahun 2020, dimana pencapaian ini tentunya  karena didukung oleh semakin meningkatnya kualitas LKKL dan LKBUN Tahun 2020 yang ditandai dengan diperolehnya opini WTP pada 84 LKKL dari 86 Kementerian Negara/Lembaga atau mencapai 97,7%, dan tidak terdapat LKKL yang mendapatkan opini Disclaimer. 

Peningkatan kualitas laporan keuangan juga terjadi pada pengelolaan keuangan daerah yang mencatatkan 486 dari 542 Pemerintah Daerah atau 89,7% mendapatkan opini WTP, yang terdiri dari 33 Pemerintah Provinsi, 88 Pemerintah Kota dan 365 Pemerintah Kabupaten di seluruh Indonesia.

“Saya sangat mengapresiasi atas terjaganya kualitas LKPP, LKBUN, LKKL dan LKPD tahun 2020. Terjaganya kualitas laporan pertanggungjawaban APBN dan APBD membuktikan komitmen dan keseriusan seluruh pengelola keuangan negara dan pengelola keuangan daerah serta para Menteri/Pimpinan Lembaga dan para Kepala Daerah dalam menjalankan tata kelola keuangan yang baik meskipun dihadapkan pada kondisi extraordinary dan tidak terduga (unprecedented) sepanjang tahun 2020 akibat Pandemi Covid-19. Saya berharap capaian tersebut tidak hanya dipertahankan namun ditingkatkan lagi pada tahun ini dan tahun-tahun mendatang,” harapnya Sri Mulyani.

Dikonfirmasi secara terpisah, Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus mengungkapkan, dengan diraihnya WTP ke-11 kali berturut turut, ia berharap semoga kedepan Lampung Barat dapat mempertahankan sekaligus dapat meningkatkan kinerja dengan demikian serapan anggaran akan lebih baik.

“Semoga kedepan Lampung Barat dapat mempertahankan sekaligus dapat meningkatkan kinerja dengan demikian serapan anggaran akan lebih baik, tentunya sisi perencanaan harus lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan dan pengawasan perlu juga ditingkatkan,” ungkap Parosil.

Seraya menambahkan, dengan diraihnya WTP ini ini akan menjadi motivasi tersendiri bagi seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Barat untuk mewujudkan Lambar Hebat dan Sejahtera untuk implementasi pitu program dan tiga komitmen Pemkab Lambar. (lus/mlo)


Pos terkait