Lambar Satu-Satunya di Lampung Penerima DID Tambahan Periode Kedua

  • Whatsapp
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si.

Medialampung.co.id – Kabupaten Lampung Barat (Lambar) satu-satunya kabupaten di Provinsi Lampung yang akan  mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) Tambahan periode kedua tahun anggaran 2020.

Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Republik Indonesia No.114/PMK.07/2020 tentang pengelolaan dana insentif daerah tambahan periode kedua tahun 2020.

Bacaan Lainnya



“Alhamdulilah Kabupaten Lambar mendapatkan dana insentif daerah tambahan periode kedua sebesar Rp15,659 miliar lebih,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si, Kamis (10/9) 

Se-Indonesia, lanjut Okmal, hanya 149 provinsi, kabupaten/kota yang akan mendapatkan kucuran DID tambahan periode kedua, sedangkan untuk Provinsi Lampung, hanya Kabupaten Lambar yang mendapatkan DID tambahan tersebut.

Lanjut dia, DID tambahan adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam rangka pemulihan ekonomi nasional yang diberikan kepada daerah tertentu berdasarkan indikator tertentu melalui pemberian insentif bagi Pemerintah Daerah yang kinerjanya baik dalam penanganan pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). 

“Penggunaan DID Tambahan periode kedua tahun Anggaran 2020 diprioritaskan untuk mendorong pemulihan ekonomi di daerah serta penanganan Covid-19 bidang kesehatan dan bantuan sosial,” kata dia seraya menambahkan, penyaluran DID Tambahan periode kedua oleh pemerintah pusat dilakukan sekaligus paling lambat Oktober 2020.

Terkait akan diterimanya DID tambahan ini, kata Okmal, pihaknya akan segera melakukan pembahasan dengan perangkat daerah terkait.

Pihaknya merasa bersyukur karena atas kinerja  pemerintah daerah yang baik, Lampung Barat menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Lampung yang tercatat sebagai salah satu penerima.

“Kita bersyukur dan bangga atas kinerja pemerintah Kabupaten Lampung Barat, sehingga kita menjadi salah satu penerima dari sekian banyaknya kabupaten yang ada. Tentu ini akan menjadi motivasi Pemkab Lambar dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab, sehingga kedepan kinerja kita diharapkan akan lebih baik lagi,” tutupnya. (lus/mlo)



Pos terkait