Lambar Terima 16 Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B.

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Barat tahun ini menerima Tenaga Kesehatan (Nakes) dari program Nusantara Sehat Individu (NSI) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sebanyak 16 orang.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., didampingi Kabid Sumberdaya Kesehatan (SDK) Wasis Supriyadi, S.T., M.Ak, mengungkapkan, tenaga kesehatan sebanyak 16 orang itu berasal dari daerah Lampung dan luar Lampung seperti Aceh, Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Sulawesi Selatan.

Bacaan Lainnya


“Mereka terdiri dari tenaga gizi, tenaga kesehatan lingkungan, laboratorium, dan farmasi,” ungkap Widyatmoko, Selasa (30/3)

Ia menjelaskan, seleksi/perekrutan dan insentif atau penggajian para Nakes tersebut langsung dari Kemenkes. Nusantara sehat individu merupakan program Kemenkes RI yang bertujuan untuk menguatkan pelayanan kesehatan primer melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar. 

Untuk Kabupaten Lambar sendiri, program NSI di Kabupaten Lambar tahun 2021 ini memasuki tahun ke-4. “Program NSI di Kabupaten Lambar dimulai dari tahun 2018 lalu dan tahun ini memasuki tahun keempat. Kita berharap dengan adanya program NSI ini dapat membantu Kabupaten Lambar memenuhi kebutuhan Nakes di Puskesmas,” kata dia.

Lebih jauh dia mengatakan, Nakes dari program NSI tersebut ditempatkan di sembilan Puskesmas, yaitu Puskesmas Bandar Negeri Suoh dua orang, Batu Puskesmas Batuketulis dua orang, Puskesmas Buay Nyerupa tiga orang, Puskesmas Kebun Tebu dua orang, Puskesmas Kenali dua orang, Puskesmas Sumber Jaya dua orang. 

Kemudian, Puskesmas Liwa satu orang, Puskesmas Lombok satu orang, dan Puskesmas Sekincau satu orang. “Direncanakan tanggal 31 Maret sampai dengan 2 April 2021 ini sebanyak 16 Nakes tersebut sudah berada di Puskesmas masing-masing dan bertugas selama 2 tahun di Kabupaten Lambar hingga tahun 2023 . Masa kerja mereka terhitung mulai tanggal 1 April 2021-31 Maret 2023,” tutupnya. (lus/mlo)




Pos terkait