Lambar Terima DAK Cadangan Rp1,1 Miliar untuk IKM

  • Whatsapp
Kabid Industri Diskoperindag Lambar Selamat Riadi

Medialampung.co.id – Pemerintah pusat melalui Kementerian Perindustrian (Kemenprin) akan melakukan revitalisasi sentra industri kecil menengah (IKM) yang ada di Kabupaten Lambar.

Program revitalisasi sentra IKM itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) cadangan  tahun 2020 sebesar Rp1,1 miliar. 

Bacaan Lainnya



“Awalnya Kabupaten Lambar akan mendapatkan DAK  IKM  sebesar Rp1,7 miliar namun setelah dilakukan refocusing anggaran dampak adanya wabah Covid-19 maka Kabupaten Lambar hanya menerima DAK cadangan IKM sebesar Rp1,1 miliar,” ungkap Kabid Industri Selamat Riadi mendampingi Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Yudha Setiawan, Selasa (18/8)

Kata dia,  Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati di Pekon Tribudi Syukur Kecamatan Kebuntebu akan menjadi sasaran dari program revitalisasi sentra IKM yang bersumber dari DAK cadangan tersebut.

“Saat ini sedang dalam proses tender di Unit Layanan Pengadaan (ULP), dan direncanakan akhir bulan ini akan mulai dilaksanakan,” ujar dia.

KWT Melati tersebut, lanjut Selamat Riadi, akan mendapatkan bantuan antara lain berupa gedung produksi serta mesin peralatan antara lain mesin penipis pisang, kompor gas, mesin sealer, LPG, wajan, pisau, dan lainnya. 

“Usaha yang dikelola KWT Melati adalah pembuatan selai pisang. Selama ini hasil produksi mereka belum maksimal baik dari segi mutu maupun pemasarannya yaitu pisang dikeringkan dan dijemur, artinya produksi yang dihasilkan baru setengah jadi.  Jadi kita berharap dengan adanya bantuan melalui program revitalisasi sentra IKM ini produksi yang dihasilkan KWT Melati langsung dalam bentuk jadi dan siap untuk dipasarkan,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait