Lambar Turun Level Tiga, KBM Luring Hingga Resepsi Pernikahan Diperbolehkan Tapi Terbatas

  • Whatsapp
Sekretaris Gugus Tugas percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Lambar Maidar, S.H, M.Si

Medialampung.co.id – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Lampung Barat yang sebelumnya dari level 4 kini turun menjadi level 3 seiring menurunnya tren terkonfirmasi coronavirus disease 2019 (Covid-19) di kabupaten setempat. 

Dengan turun ke level 3, maka sejumlah kegiatan sudah bisa kembali digelar. Namun tentunya tidak serta merta bisa langsung diberlakukan, mengingat Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Lambar akan menyiapkan regulasi sebagai payung hukum. 

Bacaan Lainnya

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Lambar Maidar, SH, M. Si., mengungkapkan, dengan turun ke level 3 membuka peluang untuk kembali diberlakukannya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) luring, hanya saja dalam aturannya KBM luring dilakukan secara terbatas hanya 50 persen dari jumlah siswa. 

“KBM Tatap muka diperbolehkan tetapi terbatas, hanya 50 persen dari jumlah siswa, untuk teknis-nya akan diatur oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan kami (Satgas) akan membahas terlebih dahulu, membuat regulasi untuk payung hukum dan akan mempertinbangkan beberapa hal,” ungkap Maidar. 

Selanjutnya terkait dengan sektor esensial, seperti perbankan, rumah makan, hingga destinasi wisata dan fasilitas umum lainnya diperbolehkan tetapi harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Secara teknis nantinya juga akan diatur dalam peraturan yang akan diterbitkan pemerintah daerah. 

“Kemudian untuk resepsi pernikahan sudah diperbolehkan dengan catatan hanya 50 persen atau 50 orang saja, dan itu harus menerapkan Prokes secara ketat,” kata Maidar. 

Pihaknya mewanti-wanti masyarakat untuk tidak ber-euforia dengan turunnya level PPKM di Lambar. Namu terus meningkatkan kedisiplinan dan bergotong-royong menurunkan angka terkonfirmasi Covid-19 di Lambar, sehingga nantinya level PPKM bisa turun ke level 2 yang tentunya pembatasan kegiatan masyarakat akan lebih berkurang. 

“Kita upayakan agar turun lagi ke level 2, kita jangan sampai lalai apalagi bereuforia. Untuk daerah-daerah zona merah, camat dan peratinnya harus bekerja keras untuk menurunkan angka terkonfirmasi Covid-19 di wilayahnya dengan begitu Lambar akan cepat turun level,” pungkasnya. (nop/mlo)


Pos terkait