Lampung Barat Raih Penghargaan ‘Terinovatif’ di IGA 2020

  • Whatsapp

Medialampung.co.id –  Kabupaten Lampung Barat, berada di lima besar kabupaten di Indonesia yang menerima penghargaan terinovatif, pada malam puncak Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020, yang dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian di The Sultan Hotel and Residence, Jumat (18/12). 

Seperti diketahui, pada lomba IGA tahun 2020 ini Lambar mengikutsertakan 156 inovasi yang merupakan hasil kerja kolektif  dari seluruh Perangkat Daerah, dan ternyata kerja keras tidak menghianati hasil, jika tahun lalu Lambar berada di urutan 25 nasional tahun ini berada di lima besar.

Bacaan Lainnya


Penghargaan yang diraih merupakan persembahan tahun ketiga kepemimpinan Bupati Lambar Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Mad Hasnurin bagi masyarakat di Bumi Beguai Jejama Sai Betik. 

Kepada Medialampung.co.id, Parosil Mabsus mengungkapkan rasa syukurnya atas diterimanya apresiasi dari Kemendagri terkait dengan inovasi-inovasi daerah. 

“Dengan diterimanya apresiasi ini tentu ini akan menjadi pelecut semangat bagi bapak bupati dan juga staf jajaran agar kedepannya bisa lebih memunculkan terobosan dan inovasi, apalagi pandemi ini belum berakhir sehingga dibutuhkan keberanian dan juga strategi dalam rangka menjamin kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya. 

Apresiasi yang diraih, kata dia, juga merupakan persembahan bagi seluruh lapisan masyarakat yang telah program-program yang digulirkan pemerintah baik itu program unggulan dan tiga program prioritas maupun program-program inovasi yang digulirkan. 

“Tahun ini Lambar kabupaten terinovatif, dan tahun 2021 mendatang target kita bisa lebih baik lagi, dan perlu kembali memunculkan inovasi-inovasi baru, ” imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Diskominfo Padang Prio Utomo, didampingi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Mazdan menambahkan, penilaian dan penghargaan inovasi daerah tersebut yakni Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan-Kementerian Dalam Negeri RI (BPP atau Badan Litbang). 

Kegiatan tahunan ini, merupakan bentuk penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif. 

“Selain menerima penghargaan, pemerintah daerah terinovatif juga mendapatkan dana insentif daerah. Kegiatan IGA, diselenggarakan untuk menjalankan ketentuan UU No.23/2014 tentang Pemerintahan Daerah dan PP No.38/2017 tentang Inovasi Daerah, serta Permendagri No.104/2018 yang berkaitan dengan Penilaian dan Pemberian Penghargaan dan/atau Insentif inovasi Daerah,” pungkasnya. (nop/mlo)


Pos terkait