Lampung Familiarization Trip, Menata Asa dan Bangkitkan Pariwisata Lampung Berjaya 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Lampung memiliki banyak daya tarik wisata yang menarik sebagai tujuan kunjungan wisatawan, mulai dari laut dengan pantai berpasir putih, pulau-pulau dan keindahan bawah laut. Teluk Kiluan, Teluk Lampung, Pulau Pahawang dan masih banyak lagi. 

Bagi yang suka wisata pantai dengan petualangan yang memacu adrenalin, Pantai Tanjung Setia bisa menjadi pilihan untuk berselancar. Deretan gunung dan perbukitan dengan ngarai, lembah dan air terjunnya. Lembah Souh yang mempunyai geothermal, padang savana, danau-danau bisa menjadi salah satu pilihannya. Hutan hujan yang menghijau dengan kekayaan flora dan faunanya, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang menjadi habitat alami Harimau Sumatera dan berbagai jenis anggrek langka.

Siapa yang tidak kenal Way Kambas, sebagai salah satu taman nasional dengan konsep konservasi bagi mamalia besar Gajah dan Badak Sumatera. Inilah sebagian kecil dari wajah pariwisata Lampung.

Mungkin sebagian besar daya tarik wisata ini bisa ditemukan ditempat lain. Lalu apa kelebihannya dari daerah lain? Apa sih yang tidak ada di tempat lain dan hanya ada di Lampung? 

Kepala bidang (Kabid) Pemasaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Meli Ayunda mengatakan budaya dan nilai kultur kearifan lokal yang menjadikan Lampung memiliki daya tarik sendiri. 

“Lampung yang memiliki dua suku besar yaitu Pepadun dan Saibatin. Keduanya hidup berdampingan seiring sejalan dengan masyarakat pendatang dengan berbagai keunikan budayanya,” ungkapnya saat memberikan keterangan, Kamis (4/11)

Lanjutnya, Masyarakat adat Pepadun dan Saibatin memiliki adat seni budaya dan tradisi yang berbeda yang sangat menarik sebagai salah satu suguhan dalam satu paket kunjungan wisata. Selain menikmati keindahan alam, wisatawan dapat menyaksikan adat istiadat, tradisi, menikmati kuliner khas, Bahkan bisa ikut melakukan aktivitas masyarakat seperti membuat kain Tapis, membatik, menumbuk kopi dan menikmati seduhannya.

Ia juga mengatakan untuk kebangkitan sektor kepariwisataan perlunya merevolusi cara berfikir dalam berusaha agar segala tantangan masa pandemi ini menjadi peluang, secara inklusif bersama-sama berkolaborasi membangun usaha bersama. 

“Penyelenggaraan Lampung Familiarization Trip (FamTrip )2021 menjadi momentum untuk mengangkat kembali citra kepariwisataan Lampung, dan mengembalikan kepercayaan wisatawan agar kembali tumbuhnya keinginan berwisata, tentunya dengan wisata aman dan nyaman dengan protokol kesehatan,” terangnya. 

Pengenalan dan promosi wisata dengan mengundang tamu berkunjung langsung ke destinasi wisata ini akan berlangsung dari tanggal 4–6 November 2021. 

Pada kesempatan ini Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung mengikutsertakan 30 peserta yang merupakan travel writer media sosial, vlogger, blogger, selebgram, influencer yang fokus sebagai penggiat pariwisata.

Selain untuk mengenalkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Lampung pada seluruh peserta, pada pelaksanaannya para peserta akan mempromosikan kepariwisataan Lampung secara masif di akun media sosial mereka tentang keindahan ragam pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Lampung agar semakin banyak masyarakat mengetahui keindahan alam, seni budaya adat istiadat dan tradisi daerah, kuliner serta produk-produk ekonomi kreatif Provinsi Lampung  sehingga mampu menarik minat untuk berwisata dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (CHSE).

“Kegiatan ini diharapkan dapat berdampak positif  dalam meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Lampung khususnya nilai multiplier effect sehingga kolaborasi aktivitas ekonomi di Provinsi Lampung dapat bersinergi guna terwujudnya masyarakat Lampung Berjaya,” pungkasnya. (ded/mlo)

Pos terkait