Lampung Programkan Pengembangan 1000 Desa Sapi

  • Whatsapp
Plt Kepala Disnakkeswan Lampung, Ir. Lili Mawarti, M.Si.

Medialampung.co.id – Provinsi Lampung menjadi salah satu daerah prioritas program Pengembangan 1000 Desa Sapi.

“Program tersebut merupakan super prioritas yang mengkolaborasikan penguatan kelembagaan, peningkatan produksi, populasi, serta peningkatan daya saing melalui pendekatan Korporasi Usaha Sapi Berbasis Desa,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Lampung, Ir. Lili Mawarti, M.Si., saat diwawancarai medialampung.co.id, Rabu (6/1).

Bacaan Lainnya


Diketahui, lima kelompok penerima tersebut yakni Program tersebut yaitu Kelompok Barokah Jaya Desa Wonodadi, Kelompok Bumi Asih Sejahtera Desa Wawasan, Kelompok Sukamaju dua Desa Purwodadi, Kelompok Sumber Rejeki Desa Bangunsari serta Kelompok Sudimakmur tiga Desa Sidomukti, Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Lampung Selatan.

“Kemarin pengadaannya sudah di penghujung tahun maka sebagian di luncurkan di awal tahun 2021 ini,” tambahnya.

Ia juga mengatakan sebagian sudah masuk di kandang kelompok. Untuk Kelompok Barokah sudah ada untuk sapi indukan sudah lengkap 100 ekor  bakalan 73 ekor dan masih kurang 27 ekor .

kemudian kandang Sumber rezeki indukan yang sudah masuk 95 ekor bakalan nya 43 ekor, kemudian di kandang Sudi makmur tiga, untuk indukan 50 ekor kemudian bakalan nya yang belum seleksi masih 52 ekor.

Total indukan yang sudah ada di kandang saat ini sebanyak 265 ekor dan bakalan 168 ekor dengan jumlah 433 ekor. Kemudian untuk kekurangan diawal Januari.

“Karena memang kemarin Pengembangan 1000 Desa terkendala pengadaannya di ahir tahun dan pengadaannya bukan di Dinas peternakan tetapi di pusat. Syukur alhamdulillah hampir separo yang sudah terealisasi tinggal lagi kita memantau kekurangan dan pasti akan itu terealisasi karena memang anggarannya sudah ada hanya karena proses pengadaannya yang sedikit terlambat,” tutupnya. (ded/mlo)




Pos terkait