Lampung Terima 144 SK Hutan Sosial dengan Luas 78.824 Hektar

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Yayan Ruciyansah

Medialampung.co.id – Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Yayan Ruciyansah menyerahkan Surat Keputusan (SK) Hutan Sosial untuk 37.728 Kepala Keluarga (KK) di Provinsi Lampung, dengan jumlah 144 SK dengan lahan seluas 78.824 hektar. 

“Hari ini kita menyerahkan SK Hutan Sosial untuk 37.728 KK  dilakukan secara simbolis sebanyak 30 SK dengan Luas 7.066 Hektar dengan anggota Sebanyak 8.861 KK,” ungkapnya saat diwawancarai usai menghadiri penerimaan SK secara virtual oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Balai Keratun Lt. 3, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Kamis (7/1). 

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan untuk hambatan hutan sosial saat ini tidak terlalu banyak karena masyarakat sudah banyak paham penting nya hutan. kemudian ada Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) yang bergerak memberikan informasi dan pembinaan kepada masyarakat. 

“Sehingga yang tadinya rada susah-susah untuk mengikuti perhutanan sosial sekarang jadi banyak. Insyaallah itu akan bertambah dan SK juga bertambah . untuk target Kementerian perhutanan 12,7 juta Ha. kita ikut membantu mencapainya,” tambahnya.

Ia juga mengatakan bahwasanya data luas hutan di Lampung 1.004.375 hektar. Kemudian untuk hutan produksi dan hutan lindung yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi Lampung seluas 564.000 hektar terdiri dari Hutan Lindung, Hutan Produksi dan Hutan Tahura. Ia juga berperan kepada para penerima SK untuk memanfaatkan hutan sebaik-baiknya.

“Manfaatkan hutan sebaik-baiknya, manfaatkan lahan yang anda harap seoptimal mungkin. Jadi, jangan satu jenis saja monokultur tetapi buat berbagai jenis dengan melakukan budidaya sehingga kesejahteraannya lebih baik dan pungsi hutannya akan terjaga,” tutupnya. (ded/mlo)

Pos terkait