Lampung Urutan 4 Stok Pupuk Terbanyak

  • Whatsapp
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, Kusnardi

Medialampung.co.id – Terkait kesediaan pupuk subsidi, Provinsi Lampung nomor urut empat terbanyak jatah persediaan di Indonesia. 

Kemudian untuk proses pembagian dilakukan per kabupaten, kemudian dari kabupaten didistribusikan ke kecamatan-kecamatan.

Bacaan Lainnya

“Setelah kabupaten membreakdown ke kecamatan dengan adanya Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK), kemudian digabung ke dalam database Kartu Petani Berjaya (KPB) jadi petani tersebut bisa menembus sesuai dengan yang diusulkan  di RDKK tersebut,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, Kusnardi saat diwawancarai medialampung.co.id, Rabu (6/1).

Lanjutnya, sebelumnya kuota pupuk diserahkan ke pengecer, dan ternyata banyak petani terkendala dana sehingga tidak mendapatkan pupuk tersebut.

“Karena itu, yang disebut kelangkaan pupuk begitu punya uang petani ternyata persediaan pupuk sudah habis. Namun saat ini sudah ada di RDKK kuota per petani, kalau dia anggota KPB maka ada dalam catatan di aplikasinya, sehingga bisa melihat stok pupuknya sendiri dan mudah-mudahan itu bisa tersalur kepada yang pantas menerimanya,” kata dia.

Ia juga menjelaskan, untuk ketersediaan pupuk bersubsidi saat ini di Lampung sebanyak 543. 707 ton.

“Untuk ketersediaan pupuk bersubsidi Lampung saat ini sebanyak 543.707 ton mudah-mudahan itu cukup,” jelasnya.

Kemudian untuk kenaikan harga pupuk dibarengi dengan kenaikan Harga Pokok Penjualan (HPP) gabah namun Pemerintah ada Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Dengan KUR biaya petani murah kalau KUR anggota KPB tinggal klik di aplikasi untuk meminta nya. Hal tersebut merupakan salah satu solusi untuk kenaikan pupuk tersebut,” tutup dia. (ded/mlo)


Pos terkait