Lampura Kembali Dilanda Banjir di Musim Hujan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id  –  Curah Hujan yang tinggi mengguyur wilayah Kabupaten Lampung Utara (Lampura), mengakibatkan terendam banjir setinggi pinggang orang dewasa.

Salah Satunya wilayah Punai Jaya, Kelurahan Tanjung Aman, Kecamatan Kotabumi Selatan, pada Jumat (12/2). 

Bacaan Lainnya

Menurut penjelasan Mas Jawo selaku ketua RT.02/LK.08 warga Punai Jaya, banjir mulai terjadi pukul 05.00 WIB, dimana para warga usai melaksanakan sholat subuh.

Dijelaskan juga olehnya, banjir diakibatkan oleh luapan air dari sungai Way Umban, yang juga bersumber dari bendungan Way Rarem.

“Hujan semalem kan lumayan deres jadi ini meluap, banjir sampai sekarang juga belum surut,” katanya. 

Di wilayah tersebut terdapat 18 rumah yang terendam banjir yang dipenuhi juga oleh lumpur. Salah satunya adalah rumah Eli, saat ini rumahnya masih terendam oleh banjir, dan ada beberapa barang yang sedikit rusak.

Meski rumahnya terpenuhi oleh air, namun Eli mengatakan tetap akan menunggu di dalam rumah, dengan alasan air akan cepat surut seperti biasanya.

“Saya nunggu di rumah saja, karena biasanya cepat surut tapi kalau memang gak surut juga mungkin saya nanti numpang tempat saudara,”kata Eli

Sedangkan di wilayah RT 03 LK 08, hanya 15 dari 58 rumah yang terkena banjir, dikarenakan daratan cukup tinggi. Meski begitu warga tetap waspada untuk mencegah banjir yang lebih besar lagi.

Dikatakan oleh Selamet selaku ketua RT 02 LK 08, bahwa ini merupakan banjir kecil dan akan cepat surut, terakhir banjir paling besar terjadi pada tahun 2017, dimana itu terjadi sampai dua hari berturut-turut.

“Kalau ini banjirnya nggak terlalu besar, terakhir tahun 2017 itu sampai dua hari baru surut,” kata Selamet. 

Dijelaskan juga bahwa pihak BPBD dan Babinsa setempat telah turun langsung untuk mengecek keadaan warga dan tinggi air, demi kewaspadaan akan banjir berikutnya.(adk/ozy/mlo)


Pos terkait