Lamtim Terbitkan SE Disiplin ASN

Sekab Lamtim M.Jusuf

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur kembali menginstruksikan aparatur sipil negara (ASN) mematuhi disiplin, salah satunya terkait jam kerja.

Instruksi itu tertuang melalui surat edaran (SE) No.800/676/22-SK/2022 tentang penegakan disiplin dan penertiban administrasi kehadiran pegawai ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur.

Bacaan Lainnya


Sekretaris Daerah Lampung Timur M. Jusuf menjelaskan, penerbitan SE itu merupakan tindak lanjut hasil inspeksi mendadak (sidak) yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. 

Menurutnya, berdasarkan SE tersebut jam kerja untuk hari Senin sampai Kamis 7.30-15.30 WIB untuk jam istirahat pukul 12.00-12.30 WIB. Sedangkan, untuk hari Jumat pukul 7.30-16.00 WIB dan untuk istirahat pukul 11.30-12.30 WIB.

“Melalui SE tersebut kami ingin ASN lebih tertib lagi. Sebab dalam beberapa hari sidak banyak ASN yang masih enggan masuk kerja,” jelas Jusuf.

Ditambahkan, setiap ASN wajib mengisi daftar hadir pada waktu kedatangan dan kepulangan.

“Kepala organisasi perangkat daerah wajib mengawasi dan bertanggung jawab atas penegakkan disiplin dan penertiban administrasi kehadiran (absensi) ASN di lingkungan kerjanya,”imbuhnya.

Diketahui sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur kembali mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) meningkatkan disiplin. 

Pasalnya, hingga hari ke 3 pasca libur Idul Fitri, masih banyak aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur yang tidak masuk kerja (mangkir).

Hal itu berdasarkan hasil inspeksi mendadak (Sidak) yang dilaksanakan Sekretaris Kabupaten Lamtim Jusuf, Rabu (11/5).

Jusuf menjelaskan, Sidak tersebut bertujuan untuk mendisiplinkan Pegawai yang ada di Kabupaten Lampung Timur.

Sidak antara lain dilaksanakan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Dinas Perikanan dan Peternakan serta Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja.

Menurutnya,  dari hasil Sidak pada Dinas PMD serta Dinas Perikanan dan Peternakan pegawainya masih sepi. Sementara, pada Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja sudah lumayan banyak.

“Ini sudah hari ketiga masuk kerja setelah cuti bersama Idul Fitri ternyata masih banyak yang malas masuk kerja dan ini akan kami beri teguran,” tegas Jusuf didampingi Inspektur Ahmad Zainudin. (wid/mlo)


Pos terkait