Langkah Serius Universitas Lampung Menuju PTNBH

  • Whatsapp
Jubir Rektor Unila, Kahfie Nazaruddin

Medialampung.co.id – Setelah mencanangkan target menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) beberapa Beberapa hari lalu, Unila langsung bersiap. 

“Pagi tadi, Rektor Prof. Karomani dan jajaran pimpinan Unila mengadakan rapat,” kata juru bicara (Jubir) Rektor Unila Kahfie Nazaruddin, Rabu (13/1).

Bacaan Lainnya


Lanjutnya, hasil rapat yakni salah satu syarat penting meraih status PTNBH adalah 60 persen jumlah program studi dan Jurusan harus terakreditasi A. 

“Karena itu, program studi yang berpotensi meraih status itu perlu diberi stimulan rapat bersepakat besaran dana penelitian pengabdian kepada masyarakat, dan remunerasi bagi dosen Unila ditentukan oleh status akreditasi prodi atau jurusannya,” ungkapnya.

Kemudian, diharapkan stimulan itu meningkatkan semangat kerja sama diantara seluruh dosen suatu prodi atau jurusan.

Selanjutnya, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dosen harus mengikutsertakan mahasiswa.

Selain itu, harus juga memberikan kontribusi pada upaya meningkatkan prestasi mahasiswa dalam bentuk proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

“Prestasi mahasiswa juga indikator menuju ke PTNBH,” jelasnya. 

Putusan lain yang dihasilkan rapat ialah SMP YP Unila, yang akan didirikan Unila, akan dijadikan smartschool. 

Model sekolah yang berbasis teknologi ini dipandang perlu agar pembelajaran dan pendidikan di sekolah YP Unila memiliki keunggulan dengan begitu ia mampu bersaing dengan sekolah lain. 

Unila akan studi banding ke Universitas Brawijaya untuk mempelajari seluk-beluk penyelenggaraan smart school. 

Terakhir, keputusan rapat pimpinan itu perlu disosialisasikan ke seluruh warga Universitas Lampung. 

“Hal itu perlu dilakukan secara masif dan berkelanjutan agar rencana menjadi PTNBH disadari sebagai tekad bersama seluruh komponen Unila,” tutupnya. (ded/mlo)




Pos terkait