Lantik 11 Peratin Terpilih di Suoh dan BNS, Parosil: Jangan ada Lagi Perbedaan 

Medialampung.co.id – Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus didampingi Wakil Bupati Mas Hasnurin melantik 11 peratin terpilih hasil pemilihan peratin (Pilratin) serentak gelombang I tahun 2022 di Kecamatan Suoh dan Bandarnegeri Suoh (BNS), Selasa (17/5). 

Prosesi pelantikan di dua tempat berbeda yakni untuk Kecamatan Suoh yang terdiri dari lima peratin terpilih dipusatkan di Lapangan Pekon Tuguratu, kemudian enam peratin terpilih untuk Kecamatan BNS dipusatkan di lapangan Pekon Suoh tersebut dihadiri oleh sejumlah anggota DPRD, jajaran Uspika dan ribuan masyarakat.

Bacaan Lainnya


Kepada para peratin terpilih, Pakcik—sapaan Parosil Mabsus berpesan, agar peratin terpilih yang dilantik untuk segera menyatukan kembali perbedaan yang sempat terjadi pada pesta demokrasi beberapa bulan lalu. 

“Tugas yang menanti hari ini bukan membangun, tugas saudara menyatukan perbedaan yang sempat terjadi. Pesta demokrasi ini adalah amanat undang-undang, nuansa demokrasi memunculkan riak-riak perbedan, tugasnya peratin bukan mempertajam perbedaan, tetapi mempertumpul perbedaan, serta menjahit apa yang telah tersobekkan, dan menyatukan kembali masyarakat,” ujarnya. 

Sebagai pemimpin, kata dia, harus bisa mengayomi masyarakat, ketika tidak bisa mengayomi maka bukan seorang pemimpin. 

Menjadi seorang pemimpin menurutnya tugas berat, dan ia berharap peratin yang dilantik mampu mengemban amanah yang diberikan masyarakat. 

“Kemudian membangun itu butuh kebersamaan, semua masyarakat meski bersatu ladu, harus kompak. Membangun pekon itu tidak bisa dengan modal ADD karena itu harus memberdayakan masyarakat. Tumbuhkan kembali budaya gotong-royong yang sudah mulai menghilang,” kata dia seraya menambahkan, peratin juga harus menggunakan dana desa dengan baik, sehingga pekon bisa maju dan peratin tidak tersangkut masalah hukum.

Untuk diketahui, 11 peratin yang dilantik yakni, untuk Kecamatan Suoh terdiri dari Pekon Sumberagung Joko Purnomo, Tuguratu Herlin, Sukamarga Jaimin, Bandingagung Tunggono, Roworejo Anton Cahyadi. 

Kemudian untuk Kecamatan BNS terdiri dari Pekon Suoh Fuad Hasyim, Bumi Hantatai Syahrudin, Trimekarjaya Tri Waluyo, Gunungratu Hilmansyah, Ringinjaya Hendri Yanto dan Bandaragung Sunarto. (nop/mlo)


Pos terkait