Lapas Kelas 2B Waykanan Gelar Panen Raya Jagung

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Lembaga Pemasyarakatan Kelas 2B Waykanan kembali melaksanakan kegiatan panen raya.

Usai sukses melakukan panen labu kuning dan kacang tanah, kini Lapas Waykanan berhasil memanen jagung di areal Sarana Asimilasi dan Edukasi Lapas Waykanan yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung, Danan Purnomo.

Bacaan Lainnya



Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Waykanan dalam pembekalan keterampilan Narapidana.

“Ya hari ini kita melakukan panen raya jagung. Ini merupakan bukti komitmen kami dalam menciptakan warga binaan yang berdaya guna dan bermanfaat di masyarakat, dimana warga binaan yang sedang menjalani proses asimilasi disalurkan ke salah satu kegiatan yang ada di dalam Lapas Waykanan yaitu bercocok tanam. Ada 20 Napi yang bekerja dan telah diberi pelatihan oleh Dinas Hortikultura, Tanaman Pangan dan Peternakan Waykanan. Hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan dan PNBP dalam Resolusi Pemasyarakatan 2020,” ucap Syarpani Kalapas Waykanan.

“Program kemandirian ini harus terus kita tingkatkan agar warga binaan tidak hanya terkurung saja di dalam Lapas, karena dengan adanya kegiatan bercocok tanam seperti ini maka akan membuktikan bahwa mereka masih bisa untuk berinovasi dan berkreasi di tempat yang terbatas,” imbuh Syarpani

Pada kesempatan yang sama, Kakanwil Kemenkumham Lampung, Danan Purnomo sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan panen raya jagung dan dukungan pemerintah setempat.

“Panen jagung ini sungguh sangat luar biasa yang menunjukkan bahwa pembinaan yang kita lakukan berhasil dengan baik. Saya harap UPT lain yang mempunyai lahan juga dapat mengadakan kegiatan seperti ini untuk mendukung program pemenuhan pangan di provinsi Lampung serta menciptakan lapas produktif dan setelah bebas kelak dapat mempunyai keterampilan. Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Waykanan, yang selalu mendukung pembinaan baik kepribadian dan kemandirian di Lapas Waykanan,” Pungkas Danan Purnomo.(wk1/mlo)



Pos terkait