Lapas Metro Bekali Napi Dengan Keterampilan

  • Whatsapp
Lapas Kelas IIA Metro saat gelar pelatihan, Selasa (21/7) - Foto Ist/mlo

Medialampung.co.id – Pidana penjara tidak menjadikan halangan bagi napi Lapas Kelas IIA Metro untuk memiliki keterampilan.

Narapidana harus diperlakukan sebagai manusia, meskipun telah diputus bersalah menurut hukum. 

Bacaan Lainnya



Sehingga pemidanaan tidak boleh menjadikan seseorang semakin buruk, tetapi narapidana harus dikembalikan ke dalam kehidupan masyarakat sebagai warga masyarakat yang baik.

Sebagai  kategori lapas medium, Lapas Metro fokus membina kemandirian narapidana dengan memberikan keterampilan kepada narapidananya seperti keterampilan las listrik, cetak batako/paving blok, sulam tapis, pangkas rambut, service alat elektronik dan perikanan.

“Kegiatan kemandirian tersebut terlaksana bekerjasama dengan Balai latihan Kerja ( BLK,red) Kota metro, Bengkel Rambut Amazing kota Metro dan lembaga pendidikan dan pelatihan keterampilan tapis AUDI,” ujar Kepala Lapas Kelas IIA Metro Ade Kusmanto, Selasa (21/7).

Dalam Kesempatan yang sama Ade mengatakan bahwa tujuan pelatihan keterampilan ini untuk meningkatkan kualitas kompetensi narapidana agar menjadi manusia produktif, serta tidak menjadi parasit yang keberadaannya merugikan diri sendiri dan orang lain.

“Diharapkan dengan bekal keterampilan yang didapat di lapas metro akan dijadikan bekal hidup selepas bebas menjalani hukuman, sehingga menjadi manusia yang berguna dan mandiri bagi dirinya, keluarga dan masyarakat serta tidak kembali mengulangi pelanggaran hukum,” tuturnya. (pip/mlo)



Pos terkait