Lapas Waykanan Gelar Penyuluhan Covid-19 untuk WBP

  • Whatsapp

Medialmapung.co.id – Sebagai upaya mencegah wabah virus corona di Lapas Kelas II B Waykanan, Kalapas setempat bersama Puskesmas Negeri baru Kecamatan Blambangan Umpu untuk mengadakan penyuluhan virus corona (covid-19) dan pembinaan kesehatan bagi warga binaannya pada Kamis (19/3).

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya nyata Lapas Waykanan dalam mencegah terjangkitnya warga binaan di lapas kelas IIB Waykanan dari virus corona,” ujar Kalapas kelas IIB Waykanan Syarfani. 

Bacaan Lainnya



Selain itu, lanjut Syarfani, pihaknya juga sudah melakukan upaya lain diantaranya menyiapkan tempat cuci tangan bagi pengunjung di pintu masuk lapas, hand sanitizer, alat ukur suhu bagi siapapun yang masuk lapas, juga melakukan pemeriksaan rutin terhadap warga binaan.

“Saya juga berharap agar Kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan terjadwal minimal 1 bulan sekali karena selain sangat penting bagi warga binaan, apalagi sekarang ini Lapas kelas 2B Waykanan mempunyai 512 orang narapidana serta 70 orang pegawai yang tinggal di kompleks yang sama sehingga kepastian kesehatan menjadi hal yang sangat penting dan menjadi tanggung jawab bersama,” imbuh Syafani.

Terpisah, Kepala Puskesmas Negeri Baru, Mufid AS menyatakan bahwa, upaya serius pencegahan dan pengendalian penyakit menular harus dilakukan pihak Lapas Waykanan, supaya para pegawai Lapas Waykanan dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas setempat terbebas dari penyakit menular berbahaya, terutama penyakit Flu Corona.

“Perkembangan wabah Covid-19 membuat kita wajib waspada, terutama tentang penularannya. Sehingga perlu dilakukan sebuah tindakan pencegahan,” ungkap Mufid AS.(wk1/mlo)



Pos terkait