Lapas Waykanan Gelar Vaksinasi Bagi Warga Binaan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ratusan Warga Binaan Lapas Kelas IIB Waykanan jalani Vaksinasi Covid-19 tahap awal di Gazebo lapas setempat, Rabu (28/7).

Menurut Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Waykanan, Syarpani, tujuan vaksinasi itu adalah sebagai upaya perlindungan dan antisipasi terhadap penyebaran Covid-19 bagi Tahanan dan Narapidana yang berada di dalam Lapas Waykanan, sekaligus sebagai tindak lanjut dari percepatan pemberian vaksin oleh Menkumham dan Dirjen Pemasyarakatan. 

Bacaan Lainnya

“Awalnya kami kesulitan untuk mengumpulkan kartu identitas (KTP) Tahanan dan Narapidana karena mereka tidak memiliki/membawa kartu identitas, oleh karena itu kita berkoordinasi kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Waykanan untuk memperoleh Nomor Induk Kependudukan (NIK) Tahanan dan Narapidana yang mana syarat utama untuk bisa diberikan Vaksin Covid-19,” ujar Syarpani.

Lebih jauh Syarpani menambahkan, Pelaksanaan pemaksinan para warga binaan tersebut dilaksanakan melalui kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan khususnya UPT Puskesmas Negeri Baru ini adalah ikhtiar lapas mencegah penyebaran virus corona di Blok Hunian. Karena untuk pegawai lapas sudah dilaksanakan awal maret 2021 yang lalu.

Terpisah Mufid, Kepala Puskesmas Negeri Baru menyampaikan pelaksanaan vaksinasi tersebut sesuai mengacu pada jadwal yang telah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan, 100 Tahanan dan Narapidana Lapas Waykanan telah mendapatkan Vaksinasi Covid-19 dosis pertama. 

“Jadi semuanya hari ini telah dilaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi Tahanan dan Narapidana. Sesuai dengan rencana vaksin Covid-19 untuk dosis pertama ini akan diselesaikan dalam satu hari dan selanjutnya akan dijadwalkan kembali pemberian vaksin dosis kedua,” katanya.

Menjawab pertanyaan warga binaan dr. Putri, dokter pelaksana, pemaksinan langsung memberikan penjelasan kepada warga binaan bahwa pentingnya vaksin bagi tubuh. Sekaligus memastikan bila penggunaan vaksin Covid-19 itu aman untuk digunakan.

Kekhawatiran Kalapas Waykanan tentang merebaknya Covid-19 di area lapas memang cukup beralasan karena sampai sekarang walaupun grafiknya menurun, namun penyebarannya sudah merata hampir di semua Kecamatan dan bahkan seorang tahanan Polres Waykanan pun sudah ada yang meninggal karena Covid-19.(sah/mlo)


Pos terkait