Laporan Scorecard Stunting Jadi Syarat Pencairan DD

  • Whatsapp

Medialamping.co.id – Tenaga Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TPP-P3MD) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini masih melakukan On the Job Training (OJT) ke seluruh Kecamatan untuk pengisian data stunting melalui aplikasi EHDW (e-Human Development Worker) yang dilakukan oleh Kader Pembangunan Manusia (KPM) di seluruh Pekon di Kabupaten setempat.

Koordinator TPP-P3MD Pesbar, M.Rido Dinata, S.Pd., mengatakan hingga kini seluruh Tenaga Ahli (TA) TPP-P3MD Pesbar terus berupaya melakukan percepatan pengisian laporan scorecard konvergensi stunting Pekon melalui aplikasi EHWD. Karena, laporan scorecard itu akan dilaporkan oleh Pemerintah Pekon sebagai salah satu syarat pencairan Dana Desa (DD) tahap III tahun anggaran 2021.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan OJT itu juga bertujuan agar KPM disetiap Pekon bisa mengingat kembali menu-menu dan cara pengisian di aplikasi EHDW untuk data laporan stunting,” katanya, Jumat (12/11).

Sehingga, diharapkan dalam pengisian data laporan stunting di Pekon itu tidak ada yang kurang atau keliru, karena akan berdampak pada laporan untuk syarat pencairan dana desa tahap III. Terlebih, dalam pengisian data itu ditargetkan bisa rampung di pertengahan November 2021 ini.

“Untuk itu, kalau masih ada Pekon yang terkendala dengan pengisian laporan scorecard stunting itu segera menghubungi Pendamping Desa di wilayahnya masing-masing,” jelasnya.

Ditambahkannya, melalui aplikasi EHDW, seluruh anggota KPM juga dapat melihat konvergensi pencegahan program stunting skala Dusun atau Pemangku dan skala Pekon, selain itu dapat mengetahui kesenjangan pelayanan yang ada dan dapat mengadvokasi stakeholder Pekon terkait program penurunan stunting masyarakat Pekon.

“Kita berharap pengisian laporan tidak ada kendala, sehingga dana desa tahap III di tahun 2021 di setiap Pekon bisa segera terealisasi. Selain itu kedepan diharapkan penyaluran dana desa bisa tepat sasaran, salah satunya untuk mengatasi kasus stunting di Pekon,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Pos terkait