Lebaran Idul Adha di Masa Pandemi Tak Mengurangi Kekhusyukan Warga Beribadah 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Meskipun hingga saat ini pandemi Covid-19 masih terus melanda bahkan pemerintah menerapkan Perlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro untuk menekan dan memutus mata rantai penularan virus corona. 

Namun, tidak mengurangi kekhusyukan masyarakat dalam menjalankan ibadah hari raya Idul Adha 1442 Hijriah. Seperti dalam pelaksanaan shalat Ied, hingga penyembelihan hewan kurban baik sapi maupun kambing/domba.

Bacaan Lainnya

Dari pantauan media ini di beberapa lokasi berbeda, masyarakat tetap menjalankan shalat Ied di tempat ibadah. Namun kali ini tidak menumpuk di satu tempat melainkan memanfaatkan semua masjid dan mushola dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Seperti di Pekon Puralaksana Kecamatan Waytenong, kegiatan perayaan Idul Adha sama dengan sebelumnya, bahkan di lebaran kali ini di pekon tersebut menyembelih 25 ekor sapi dan 57 kambing, yang dipecah di tiap-tiap pemangku.

Dikatakan Jurutulis (Jurtul) Damannuri mendampingi Peratin Atta penyembelihan hewan kurban kali ini semuanya dari masyarakat dan untuk mengurangi kerumumanan, selain panitia kurban daging hewan dibagikan oleh panitia kepada warga secara door to door. 

“Alhamdulilah segan segala persiapan yang matang dan kondisi pekon sudah kembali ke zona hijau, atau tidak adanya lagi warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) kegiatan ibadah Idul Adha, mulai dari sholat Ied hingga penyembelihan hewan kurban berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Sementara terpisah Peratin Atta menyampaikan harapan, agar masyarakat saling menjaga antara satu dengan lainnya khususnya dalam pencegahan Covid-19 melalui pentaatan prokes. (r1n/mlo)


Pos terkait