Lebih Banyak Praktik, Polinela Cetak Lulusan Kompeten, Terampil dan Siap Kerja

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pendidikan vokasi kini makin mengemuka dengan berbagai pilihan program studi yang ditawarkan.

Tak hanya itu, ciri khas yang melekat pada pendidikan vokasi seperti memiliki lebih banyak praktik, menjadi keuntungan tersendiri.

Bacaan Lainnya


Pelatihan langsung yang real atau mendekati situasi nyata di dunia kerja membuat vokasi satu langkah lebih maju.

Keuntungan lainya yang bisa didapatkan saat melanjutkan ke pendidikan tinggi vokasi adalah ketersediaan lapangan kerja yang lebih luas.

Seorang sarjana terapan atau ahli madya terapan  memiliki kesempatan diterima bekerja lebih tinggi, karena keahlian yang dimiliki benar-benar spesifik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau instansi tertentu. 

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto menyatakan “Di sinilah kami melihat bahwa untuk mewujudkan pembangunan SDM Vokasi, dibutuhkan institusi pendidikan vokasi yang berkualitas. Diksi berusaha mewujudkan pendidikan vokasi yang lebih mumpuni. Kedepannya pasti kita akan melihat antrean masuk SMK, Politeknik, maupun Unista Vokasi. Di sana mereka akan mendapatkan pengalaman dan praktik kerja yang kuat untuk kepentingan modal karier masa depan mereka nantinya,” tutup Wikan, dalam acara sosialisasi SNMPTN dan SNMPN secara daring pada hari Jumat, 15 Januari 2021 sekitar pukul 13.00 WIB.

Menurut beliau, sudah saatnya pendidikan tinggi vokasi melaksanakan pola dan mekanisme seleksi penerimaan mahasiswa baru yang sama dengan seleksi perguruan tinggi non-vokasi, yaitu melaksanakan seleksi penerimaan melalui SNMPTN dan SBMPTN-UTBK, dan tahun 2021 hal itu terwujud. 

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto menyatakan bahwa proses pertama yang harus dilewati oleh lulusan SMA, SMK, MA untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi ada pada proses seleksi.

Proses ini menjadi syarat penting agar baik lulusan maupun perguruan tinggi dapat mengukur kualitas calon peserta didiknya.

“Untuk itu kami menggandeng LTMPT melakukan seleksi calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN,”katanya.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan. 

Ketua pelaksana eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo Widyobroto menyampaikan SNMPTN dibuka bagi calon pendaftar yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan Sarjana Terapan (Diploma IV).

“Kami siap mendukung program Diksi untuk memperluas jangkauan pendidikan tinggi vokasi di Indonesia. Tak ada pembedaan, baik akademik maupun vokasi semua bisa mendaftarkan diri di LTMPT dan memilih program studi yang sesuai dan linear,” terangnya.

Beliau pun juga mengingatkan agar sekolah segera mengecek status pendataannya di Dapodik dan Pusdatin. Karena jika mengikuti seleksi dari LTMPT, maka data yang akan digunakan adalah kedua data tersebut untuk menentukan kuota sekolah dan sebagainya.

Direktur Politeknik Negeri Lampung (POLINELA), Dr. Ir. Sarono, M.Si.,

Direktur Politeknik Negeri Lampung (POLINELA), Dr. Ir. Sarono, M.Si., juga menyambut baik dengan perubahan pola dan mekanisme seleksi, khususnya keikutsertaan program studi jenjang D4/sarjana terapan yang dimiliki oleh pendidikan tinggi vokasi (Politeknik) dalam seleksi SNMPTN dan SBMPTN-UTBK.

Dengan demikian masyarakat luas akan lebih jelas memahami tentang apa itu pendidikan vokasi dan non-vokasi, kesetaraannya dan yang pasti adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Senada dengan Dirjen Diksi, Ketua FDPNI, direktur Politeknik Negeri Lampung menyampaikan bahwa Politeknik adalah pendidikan vokasi yang mengutamakan jam praktik kerja lebih banyak, dengan metode penilaian terukur kompetensi keahlian mahasiswa dapat dicapai dengan sertifikat kompetensi keahlian.

Kesempatan kerja untuk lulusan pendidikan vokasi masih sangat luas. Politeknik Negeri Lampung siap membuka seluas-luasnya akses masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke jalur vokasi.

Tahun 2021, selain SNMPTN dan SBMPTN-UTBK yang dikhususkan untuk seleksi masuk jenjang D4/Sarjana Terapan, terdapat pula jalur penerimaan SNMPN dan SBMPN yang khusus untuk seleksi masuk jenjang Diploma Tiga (D3), jalur seleksi undangan khusus Penelusuran Minat Kemampuan Akademik dan Bakat (PMKAB), dan jalur MANDIRI.

Selanjutnya, beliau menjelaskan bahwa pendaftaran dan seleksi tahun ini, seluruhnya dilakukan secara online, maka masyarakat diminta cermat dan teliti dalam mencari informasi seputar jalur penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Negeri Lampung.

 “Agar tidak salah memilih jalur penerimaan, sedapatnya pendaftar mengakses informasi yang tertera pada laman https://pmb.polinela.ac.id,” ungkapnya. (*/mlo)




Pos terkait