Lepas Peserta Peduli Pesagi Season IV, Parosil : Ayo Rawat dan Jaga Kelestarian Alam

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, melepas rombongan peserta peduli pesagi season IV yang akan melakukan pendakian menuju puncak Gunung Pesagi, Minggu (16/8).

Pelepasan sebanyak 149 orang pendaki yang akan melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan mulai dari bersih–bersih sampah di jalur pendakian, upacara bendera 17 Agustus serta penanaman  1500 bibit pohon buah-buahan itu dilaksanakan di halaman Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Lambar, Pekon Hujung, Kecamatan Belalau.

Bacaan Lainnya



Dalam arahannya, Parosil menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran panitia dan peserta yang  kembali menginisiasi terselenggaranya kegiatan tersebut hingga pada season ke IV. Dengan mengusung tema “Eksistensi Atap Negeri di Tengah Pandemi Covid-19”. Ia berharap kegiatan itu dapat mendukung upaya pemerintah dalam menjaga dan merawat kelestarian ekosistem alam.

“Keberadaan hutan untuk keberlangsungan ekosistem sangat penting. Begitu pula bagi kehidupan manusia. Sekarang yang namanya hutan hampir banyak mengalami kerusakan, siapa yang peduli kalau bukan kita,” ungkap Parosil.

Terlebih, lanjutnya, gunung pesagi merupakan salah satu destinasi wisata kebanggan masyarakat Lambar. Dimana, banyak historis dan keindahan yang ditawarkan oleh salah satu dari 12  Gunung Provinsi Lampung tersebut.

“Jadi kepada rekan-rekan peserta kegiatan peduli pesagi ini kami berpesan agar mematuhi kode etis yang disampaikan panitia, dalam rangka menjalin kebersamaan dan kekompakan untuk menjaga ekosistem yang ada,” ajaknya.

Pemkab Lambar, memiliki tiga komitmen salah satunya mewujudkan Kabupaten Konservasi, sebagai upaya untuk melestarikan lingkungan dan alam untuk menciptakan stabilitas iklim, pembaharuan sumber daya alam hayati dan ekosistem.

“Atas nama pribadi dan pemerintah daerah, kami mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini, dengan semangat bersama di hari kemerdekaan Republik Indonesia ini, mari terus kita jaga lingkungan alam sebagai rasa cinta kita kepada bangsa dan tanah air,” ucapnya.

Selanjutnya, kepada seluruh peserta tak lupa ia mengajak agar setelah kembali dari pendakian nanti dapat memanfaatkan waktunya dengan mengunjungi sejumlah destinasi wisata yang tak kalah menarik lainnya yang ada di Lambar 

Sementara, Ketua Panitia sekaligus ketua komunitas  Gabungan Pendaki dan Penjelajah (GAPPELA) Lampung Barat, Roy Macan mengatakan, kegiatan peduli pesagi season IV yang dimotori dua komunitas yaitu GAPPELA dan Komunitas Ramah Alam dan Lingkungan (KORAL) asal Kota Metro sesuai jadwal mulai melakukan pendakian hari ini.

“Ada tiga event kegiatan yang dilakukan para pendaki yaitu mulai dari bersih–bersih sampah di sepanjang jalur pendakian gunung pesagi, upacara bendera 17 Agustus serta penanaman sebanyak 1500 bibit pohon buah-buahan untuk mendukung upaya penghijauan,” paparnya.

Kegiatan ini, lanjutnya kembali dilaksanakan untuk empat kalinya sebagai bentuk kepedulian komunitas pecinta alam kepada lingkungan dan alam agar senantiasa terjaga kehijauan, kesejukan dan keindahannya. Disamping itu juga untuk menyemarakan perayaan HUT RI ke-75 dengan tetap menjaga eksistensi atap negeri di tengah Pandemi covid-19.

“Sepanjang jalur pendakian kita akan melakukan bersih-bersih sampah anorganik , selanjutnya  setelah tiba di puncak maka tepat pada 17 Agustus , kita laksanakan upacara bendera. Setelah itu penanaman 1500 pohon dan dilanjutkan dengan pembagian doorprize, kemudian sarasehan dan keesokan harinya tepatnya di tanggal 18 Agustus semua mendaki sudah turun dari puncak,” pungkasnya.(edi/mlo)



Pos terkait