Lestarikan Budaya, Masyarakat Adat Semende Bentuk DPC Kuntau

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka menjaga, sekaligus melestarikan warisan budaya, olahraga tradisional Pencak Silat (Kuntau) Semende, suku Semende Kabupaten Lampung Barat (Lambar) membentuk Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kuntau Semende yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Pekon Padangtabak, Kecamatan Waytenong, Minggu (2/11).

Dalam acara itu turut hadir hadir para tokoh masyarakat dan adat Semende seperti Anggota DPRD Lambar asal wilayah itu, Sarjono, Peratin Pekon Karangagung H. Suprizal, Peratin Pekon Padangtambak Kurnaedi, para tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat lainnya.

Bacaan Lainnya



Salah satu penggerak kegiatan Kodri Hartono mendampingi Ketua DPC Kuntau Semende Lambar Prastio Utami menyebutkan, pengukuhan DPC Kuntau Semende tersebut sebagai tindaklanjut atas telah terdaftarnya olahraga bela diri tradisional suku Semende tersebut di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia  (Kenekum-Ham) Jakarta.

Sehingga tujan utama dibentuknya DPC Kuntau Semende tersebut agar keberadaan tradisi kuntau yang merupakan olahraga bela diri sejenis pencak silat itu terus dilestarikan dan dikembangkan di era modern ini, mengingat warisan budaya leluhur Semende tersebut bukan saja sebagai warisan budaya melainkan kini menjadi salah satu olahraga yang skalanya sudah dipertandingkan hingga tingkat dunia. Dengan salah satu persetasi yang bari-baru ini diraih yaitu Juara II pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat.

Lanjut kodri, manfaat lainnya sebagai sarana silaturahmi antar warga yang tergabung dari masing-masing perguruan, keluarga Semende yang tersebar di Kabupaten Lambar khususnya dan seluruh suku Semende pada umumnya. “Dengan adanya wadah seperti ini, kita juga berharap ada perhatian dan dukungan dari pemerintah baik dari tingkat pekon, kecamatan hingga kabupaten baik itu eksekutif maupun legsilatif,” harapannya.

Sementara disampaikan Sarjono, kewajiban bersama sebagai penerus untuk menjaga dan mempertahankan warisan budaya, sehingga dengan dibentuknya DPC Kuntau Semende tersebut diharapkannya betul-betul mampu menelurkan generasi-generasi yang handal dan mandiri. Dengan terus mengedapankan persatuan dan kesatuan masyarakat adat. “Mari jadikan wadah ini untuk semakin mempererat persaudaraan,y akni terus bersama untuk kemajuan semua,” ajak Politisi PPP tersebut.

Sekedar diketahui, pada pengukuhan DPC Kuntau Semende tersebut, turut diundang perguran kuntau dari masing-masing kecamatan serta utusan dari Kotamadya Bandar Lampung. Dalam momentum itu juga digelar latihan (sparing) oleh para pendekar kuntau. (ius/mlo)



Pos terkait