Lewat DD, Gunung Kemala Bangun GSG Hingga Salurkan BLT-DD

  • Whatsapp
Peratin Gunung Kemala Fitra Kurniawan

Medialampung.co.id – Alokasi Dana Desa (DD) tahun 2020, menjadi salah satu bagian penting dalam percepatan peningkatan infrastruktur dan sarana prasarana di Pekon Gunung Kemala, Kecamatan Waykrui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar).

Dengan adanya dana desa, pembangunan terus dilaksanakan, salah satunya dengan melaksanakan pembangunan gedung serba guna (GSG). Pelaksanaan pembangunan GSG dilaksanakan dua tahap dimana tahun ini merupakan tahap pertama.

Bacaan Lainnya


Sedangkan untuk tahap kedua akan dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang, hal itu karena ketersediaan anggaran pada tahun ii tidak mencukupi karena adanya refocusing anggaran untuk kegiatan penanggulangan Covid-19.

Selain itu, sejumlah kegiatan lainnya juga dilaksanakan seperti penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT), pembagian masker, pelaksanaan lomba agustusan, hingga penyemprotan lingkungan masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19.

Peratin Gunung Kemala Fitra Kurniawan, S.T., mengatakan dengan adanya kucuran anggaran DD setiap tahunnya, perlahan mulai menunjukan kemajuan dalam hal pembangunan baik di bidang infrastruktur, sarana prasarana pekon hingga program pemberdayaan masyarakat. 

“Pembangunan GSG yang kita laksanakan dan ditargetkan selesai tahun depan sebagai upaya untuk memenuhi sarana dan fasilitas pertemuan serta kedepannya menjadi pusat kegiatan masyarakat,” kata dia.

Menurutnya, Pemerintah Pekon Gunung Kemala tentunya akan terus berupaya agar pembangunan yang dilaksanakan dapat sesuai dengan apa yang diaspirasikan oleh masyarakat dan telah tertuang dalam skala prioritas pada musrenbang pekon.

“Pembangunan yang kita laksanakan merupakan skala prioritas yang disampaikan oleh masyarakat, terutama kegiatan yang berkaitan langsung dengan penanganan dan pencegahan Covid-19,” ujarnya.

Untuk diketahui pada tahun ini anggaran DD dan ADP yang diterima Pekon Gunung Kemala dialokasikan untuk kegiatan pada bidang pemerintahan pekon Rp502.811.699, Bidang Pelaksanaan pembangunan pekon Rp858.202.150 dan Bidang penanggulangan bencana darurat dan mendesak desa Rp133.200.000. (*/adv/mlo)




Pos terkait