LHP Harus Jalankan Tugas Sesuai Tufoksinya

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Bupati Pesisir Barat (Pesbar) Dr. Drs. Hi. Agus Istiqlal, S.H, M.H., kembali melantik 158 anggota lembaga himpun pemekonan (LHP) dari 30 pekon di tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Pulau Pisang 30 orang, Kecamatan Pesisir Utara 55 orang dan Kecamatan Lemong 71 orang untuk masa bakti 2019-2025, dihalaman Kantor Kecmaatan Pesisir Utara, Rabu (23/10).

Pelantikan anggota LHP kelompok terakhir di Kabupaten Pesbar itu dihadiri oleh ketua DPRD  Pesbar, Nazrul Arif sejumlah anggota DPRD, sejumlah kepala OPD, para camat, Apdesi dan para peratin serta anggota LHP yang dilantik.

Bacaan Lainnya



Dalam kesempatan itu, Agus Istiqlal minta anggota LHP memberikan pengawasan dan kontrol sosial terhadap peratin di pekon masing-masing, khususnya atas kebijakan peratin yang menunjuk serta memilih sasaran bantuan dari kabupaten dan pemerintah pusat.

“Masih banyak peratin yang menyampaikan bantuan terhadap warganya karena ada kepentingan pribadi khususnya yang masih ada silsilah keluarga antara peratin dengan warga penerima bantuan,” kata dia.

Padahal tambahnya, penerima bantuan masih jauh lebih mapan dibanding warga lain. Karena ada hubungan keluarga peratin lebih memilih keluarganya dibandingkan warga yang tidak mendapatkan bantuan.

“Dalam hal ini saya minta anggota LHP yang baru dilantik, tugasnya mengontrol dan mengawasi agar bantuan atau program pemerintah bisa tepat sasaran, bukan atas dasar kepentingan keluarga,” jelasnya.

Menurutnya, ada program yang tidak tepat sasaran seperti bantuan nasional Program Keluarga Harapan (PKH) yang dalam pelaksananya dilakukan pendataan bagi penerima PKH pada lima tahun lalu.

“Tapi masih banyak bantuan dari pemerintah yang kebijakannya ada di tangan peratin. Untuk itu peratin harus lebih bijaksana dan bisa memberikan pelayanan terhadap warganya dengan seadil-adilnya dengan cara bertahap,” tegasnya.

Selain itu, Agus mengimbau seluruh anggota LHP agar menjadi contoh teladan, karena LHP adalah jabatan dan amanah yang dipilih oleh masyarakat langsung serta dapat menjalankan tugas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

“Masih banyak orang yang menginginkan posisi saudara seperti saat ini, selamat bertugas dan semoga lebih amanah dalam menjalankan tugas sebegai anggota LHP,” tandasnya. (yog/d1n/mlo)



Pos terkait