Libatkan Warga, Pekon Way Napal Maksimalkan PKTD

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Pekon Way Napal Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melakukan kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) melalui Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021 dengan melaksanakan normalisasi ataupun pembersihan saluran irigasi lahan persawahan warga yang ada di Pekon setempat untuk mendukung peningkatan hasil produksi tanaman padi.

Peratin Pekon Way Napal, Yulyan Ependi, mengatakan kegiatan PKTD merupakan salah satu program prioritas pemerintah melalui dana desa berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat Pekon. Sehingga, dengan dalam kegiatan PKTD itu memanfaatkan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Pelaksanaan program padat karya tunai diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Sehingga terjadi pemerataan ekonomi ke perdesaan sekaligus untuk mengatasi kesenjangan,” katanya, Kamis (10/6).

Sedangkan, kata dia, melalui dana desa di tahun 2021 program padat karya tunai yang ada di Pekon Way Napal untuk kegiatan normalisasi saluran irigasi lahan sawah di Pemangku Negeri Ratu sepanjang 200 meter dengan melibatkan tenaga kerja masyarakat setempat, yang telah dilaksanakan sejak Rabu (9/6) hingga kini.

“Program padat karya tunai itu cukup membantu dan meringankan masyarakat, terutama untuk kepentingan umum dan juga masyarakat itu sendiri,” jelasnya.

Sehingga, lanjutnya, mudah-mudahan dengan dilaksanakannya kegiatan padat karya tunai tersebut bisa membantu masyarakat. Salah satunya kegiatan normalisasi saluran irigasi lahan sawah tersebut, tentu diharapkan kedepan setelah dilakukan normalisasi itu maka aliran air ke lahan sawah tidak lagi tersendat. Dengan begitu, lahan sawah yang ada bisa tergarap dengan maksimal.

“Jika lahan sawah tergarap dengan maksimal, tentu akan berdampak pada peningkatan produksi padi,” kata dia.

Dengan begitu, masih kata dia, diharapkan perekonomian masyarakat di Pekon ini terutama dari hasil produksi padi itu bisa meningkat. Pemerintah Pekon setempat tentu akan terus mendukung agar lahan sawah warga di wilayah ini dapat dikelola dengan baik setiap tahunnya, salah satunya dengan upaya memaksimalkan sumber air untuk lahan sawah tidak terkendala.

“Bahkan ditahun ini kita juga akan membangun talud penahan tanah yang rusak di lokasi lahan sawah warga itu, sehingga kedepan suplai air untuk seluruh lahan sawah di wilayah ini benar-benar maksimal,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait