Lifeguard Dinilai Belum Maksimal Jalankan Tugas

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id Dinas Pariwisata (Dispar), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), akan mengevaluasi keberadaan lifeguard di Kabupaten setempat, yang dinilai tidak maksimal dalam megamankan kawasan wisata pantai.

Sekretaris Dispar, Marhasan Samba, mendampingi Kadispar Pesbar Drs. Gunawan, M. Si., membenarkan selama ini keberadaan lifeguard pariwisata di pesbar belum bekerja maksimal, bahkan cenderung tidak menjalankan tugasnya.

Bacaan Lainnya



“Keberdaan lifeguard pariwisata ini hanya bertugas saat kunjungan wisatawan ada peningkatan, sedangkan di hari-hari biasa tidak ada pengawasan di kawasan wisata,” kata dia.

Dijelaskannya, kini Pesbar hanya memiliki enam orang Lifguard yang bertugas menjaga sejumlah kawasan wisata pantai, seperti Pantai Labuhan Jukung, Pantai Mandiri dan Pantai Tanjung Setia.

“Dari tiga titik lokasi wisata yang itu, masing-masing terdapat dua Lifeguard yang bertugas untuk mengamankan pantai, terutama sebagai antisipasi apabila ada pengunjung yang mengalami kecelakaan seperti tenggelam atau terseret ombak,” jelasnya.

Menurutnya, untuk meningkatkan kemampuan seluruh Lifeguard, pada awal tahun lalu pihaknya telah mengadakan pelatihan pada seluruh Lifeguard, dengan harapan dapat lebih maksimal dalam menjaga pantai di Pesbar.

“Harapan kita dengan adanya pelatihan itu, selain kemampuan Lifeguard yang meningkat, tapi tanggungjawab mereka untuk menjaga kawasan wisata pantai bisa lebih maksimal, sayangnya hal itu tidak terlaksana,” terangnya.

Dikatakannya, mulai tahun depan, seluruh Lifeguard hanya akan bertugas saat ada peningkatan kunjungan wisatawan, seperti saat libur panjang, libur lebaran, tahun baru dan ada kegiatan pemkab yang dilaksanakan di area pantai.

“Hal itu untuk menyesuaikan honor yang diterima Lifeguard, mulai tahun depan honor yang mereka terima tidak lagi setiap bulan, tapi akan disesuaikan dengan setiap kegiatan,” pungkasnya. (yog/d1n/mlo)



Pos terkait