Lima Orang ODGJ Dikirim Yayasan Aulia Rahma

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Sosial (Dinsos) bekerjasama dengan Yayasan Aulia Rahma Kemiling Bandarlampung menangani lima Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di kabupaten setempat. 

Penanganan terhadap ODGJ warga asli Lambar tersebut merupakan program pemerintah daerah, dengan menyiapkan biaya untuk perawatan selama enam bulan di Yayasan Aulia Rahma, dengan harapan para ODGJ tersebut sembuh dan bisa kembali berbaur dengan masyarakat. 

Bacaan Lainnya



Kabid Bantuan dan Rehabilitasi Sosial Rega Saputra mendampingi Kepala Dinsos Lambar Edy Yusuf mengungkapkan, kelima ODGJ tersebut berasal dari Kecamatan Lumbokseminung satu orang, Sukau satu orang, Balikbukit dua orang dan Batuketulis satu orang. 

“Pemerintah daerah sejak beberapa tahun lalu memang memiliki program kerjasama dengan Yayasan Aulia Rahma untuk menangani ODGJ, pemerintah menanggung biaya selama enam bulan,” ungkap Rega. 

Lima ODGJ yang dibawa ke Yayasan Aulia Rahma tersebut, kata Rega, semuanya memiliki keluarga dan bukan ODGJ yang biasa berkeliaran di jalanan, serta rata-rata merupakan ODGJ kambuhan dan dilakukan isolasi oleh pihak keluarga saat kambuh. 

“Kalau yang Lumbokseninung diisolasi dengan keluarganya, karena masih remaja usia 19 tahun, kalau keluarga ke kebun maka ikut ke kebun, namun kalau lagi kumat ngamuk dengan keluarga hanya saja tidak mengganggu lingkungan, yang dari Sukau dipasung karena kalau kumat meresahkan saja,” ujarnya. 

Pihaknya berharap, dengan dilakukannya perawatan di Yayasan Aulia Rahma maka diharapkan pada ODGJ tersebut bisa sembuh. Namun peran serta dari pihak keluarga dalam memberikan dukungan untuk kesembuhannya tentunya sangat penting. 

“Saat masa perawatan selesai semoga mereka bisa sembuh dan bisa berbaur bersama keluarga dan masyarakat,” imbuhnya. (nop/mlo)



Pos terkait