Lima Pekon di Suoh Mulai Bentuk Panitia Pilratin 

  • Whatsapp
Camat Suoh Mandala Harto

Medialampung.co.id – Panitia Pemilihan Peratin (Pilratin) serentak tahun 2022 untuk lima Pekon di Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat mulai dibentuk. Ditargetkan minggu ini pembentukan selesai dan untuk selanjutnya pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) menunggu tahapan.

Camat Suoh Mandala Harto, SIP., mengungkapkan, lima pekon di kecamatan setempat yang akan melaksanakan Pilratin serentak tahun ini yakni Pekon Sukamarga, Pekon Sumberagung, Pekon Tuguratu, Pekon Banding Agung dan Pekon Roworejo.

Bacaan Lainnya

”Pembentukan panitia diawali di Pekon Sukamarga dan akan berlanjut di empat pekon lainnya, dalam hari kedepan pembentukan ditargetkan selesai dilaksanakan. Pembentukan panitia itu sendiri dilaksanakan di pekon masing-masing,” ungkap Mandala, Selasa (12/10).

Dijelaskannya, pembentukan panitia pilratin serentak dilakukan oleh Lembaga Himpun Pemekonan (LHP) dengan jumlah panitia minimal tujuh orang dan maksimal sebanyak 13 orang, yang terdiri dari perangkat pekon, lembaga pekon dan tokoh masyarakat, dan tokoh perempuan serta Satgas Penanganan Covid-19.

”Dalam aturannya, untuk Sekretaris Pekon secara otomatis menjadi ketua panitia, kemudian kasi pemerintahannya sebagai Sekretaris, lalu ditambah dari unsur lembaga, tokoh masyarakat dan keterwakilan dari tokoh perempuan serta dalam aturan terbaru juga ada dari unsur Satgas Penanganan Covid-19 pekon,” urainya.

Dalam pembentukan panitia Pilratin serentak, ia menekankan agar benar-benar memilih orang-orang yang profesional dan juga tak kalah pentingnya adalah orang-orang yang netral dan tidak berkepentingan untuk salah satu calon, sehingga pelaksanaan Pilratin serentak di lima pekon yang ada di kecamatan setempat bisa berlangsung dengan aman dan damai.

”Jadi panitia Pilratin serentak nantinya harus benar-benar mampu menyukseskan Pilratin serentak yang ada di pekonnya dengan suasana yang kondusif, aman dan tidak ada hal-hal yang bisa mencederai pesta demokrasi lima tahunan di tingkat pekon tersebut, karena itu pentingnya sosok yang menjunjung tinggi profesionalisme dan netralitas,” pungkasnya. (nop/mlo)


Pos terkait