Lima Poktan di Lambar Bakal Terima Bantuan Mesin Huller

  • Whatsapp
Kabid Perkebunan Disbunnak Lambar Sumarlin, S.P, M.P

Medialampung.co.id – Dalam rangka membantu kelompok tani untuk meningkatkan mutu dan mengurangi biaya operasional. Pemkab Lambar melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) tahun ini menyiapkan bantuan lima unit mesin huller (mesin pengupas kulit kopi).

“Lima unit mesin huller tersebut akan dialokasikan untuk lima kelompok tani. Bantuan ini bersumber dari APBD Lambar,” ungkap Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.P mendampingi Kepala Disbunnak Ir. Nata Djudin Amran, Kamis (29/7).

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, adapun kriteria Poktan penerima bantuan mesin Huller yaitu Poktan mengusulkan proposal ke Disbunnak, kelompok tani yang telah lama dibentuk, serta Poktan yang benar-benar membutuhkan bantuan mesin Huller.

Lima Poktan yang akan menerima bantuan mesin Huller tersebut yaitu Poktan Cinta Karya Pekon Sukajaya Kecamatan Sumberjaya, Poktan Karya Sepakat Pekon Sebarus Kecamatan Balikbukit, Poktan Bina Usaha Pekon Padangcahya Kecamatan Balikbukit, Poktan Usaha Baru Pekon Bumijaya Kecamatan Sukau serta KWT Gemilang Pekon Canggu Kecamatan Batubrak. “Bantuan mesin ini akan dialokasikan pada minggu kedua di bulan Agustus,” kata dia. 

Lebih jauh Sumarlin menjelaskan, mesin Huller ini merupakan alat yang digunakan untuk menghilangkan kulit kopi yang sudah kering. Beberapa keunggulan mesin ini diantaranya dapat memberikan mutu biji dan keseragaman kualitas kopi yang sudah kering, pengoperasian yang tidak rumit, dan hemat bahan bakar.

Lanjut dia, tujuan diberikannya bantuan mesin tersebut dalam rangka memperbaiki mutu kopi yang dihasilkan petani serta meringankan biaya pengeluaran para petani dimasa pandemi Covid-19.

“Dengan adanya bantuan ini kita berharap membantu operasional para petani dalam mengelola hasil panen serta biaya operasional yang dikeluarkan petani lebih ringan dari sebelumnya,” pungkas dia. (lus/mlo)


Pos terkait