Lima Rumah Rusak Berat Diterjang Angin Puting Beliung

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Dampak cuaca extreme yang melanda Kabupaten Lampung Barat tidak hanya menumbangkan sejumlah pohon, tapi hingga menyebabkan kerusakan pemukiman warga setelah angin puting beliung menerjang Pekon Campangtiga, Kecamatan Batuketulis Minggu (15/12) sekitar pukul 15:30 WIB.

Dalam peristiwa itu, sedikitnya lima rumah mengalami kerusakan cukup parah terutama di bagian atap. Terpantau pada Senin (16/12) tampak puluhan warga bergotong merapikan sejumlah bangunan yang terdampak bencana tersebut.

Bacaan Lainnya



Peratin Campangtiga, Landra mengatakan dua dari lima rumah tersebut mengalami rusak berat sementara tiga lainnya hanya mengalami rusak ringan.

“Kerusakan didodiminasi bagian atap rumah, kuatnya terjangan angin membuat atap terbongkar. Bahkan selain rumah, sejumlah dahan pohon patah hingga terbang dan tersangkut di jaringan listrik,” kata dia.

Kendati begitu, pihaknya memastikan tidak ada rumah yang sampai ambruk dalam pristiwa tersebut, dan terkait bencana ini pihaknya telah menyampaikan laporan kepada pemerintah kecamatan untuk di tindaklanjuti ke Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar.

“Kerusakan ini sudah kami laporkan ke kecamatan, untuk ditindaklanjuti ke instansi terkait. Saat ini sejumlah rumah yang rusak mulai di perbaiki karena musim penghujan mereka secepatnya melakukan perbaikan supaya bisa kembali di tempati,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Batuketulis Sutian, S.Pd, M.M., mengatakan pihaknya telah melakukan peninjauan di lokasi tersebut dan sudah melakukan pendataan terkait kerugian yang dialami oleh warga pekon setempat.

“Petugas sudah kesana untuk melihat kondisi masing-masing rumah korban angin puting beliung, sebagian besar rumah sudah dilakukan perbaikan oleh masyarakat itu sendiri, kita juga sudah data berapa kerugian mereka untuk kita laporkan ke instansi terkait,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Kesiapsiagaan dan Kedaruratan dan Logistik Aliyurdin, S.Sos, M.H., mendampingi Kepala BPBD Drs. Gison Sihite M.M., mengatakan pihaknya segera turun untuk meninjau sejumlah kerusakan di lokasi.

“Tim kami akan segera turun kelapangan untuk melihat kondisinya, sekaligus melakukan membantu melakukan pendataan sekaligus segera mengupayakan bantuan kedaruratan,” imbuhnya

Terkait kondisi cuaca saat ini, pihaknya mengimbau agar masyarakat lebih waspada, dan membaca kondisi yang ada, sebab potensi terjadinya angin puting beliung sewaktu-waktu bisa saja terjadi

“Kami selalu siap turun kelapangan apabila ada laporan dari masyarakat jika ada bencana, sekecil apapun itu, kami pasti turun, hal itu untuk memastikan semuanya aman, dan melakukan pendataan apa saja yang dibutuhkan pasca bencana itu,” tandasnya. (edi/mlo)



Pos terkait