Lima Sungai di Kota Bandarlampung Perlu Dilakukan Pengerukan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Istilah Grebek Sungai yang sekarang terkenal karena program kepimpinan Walikota Eva Dwiana-Dedy Amrullah lebih memfokuskan pada Kebersihan sungai di Kota Bandarlampung untuk mengantisipasi banjir dan meluapnya air kiriman dari kabupaten yang berdekatan langsung dengan Ibu Kota Provinsi Lampung.

Walikota Bandarlampung Eva Dwiana memprogramkan Grebek Sungai yang merupakan gagasan sebagai upaya mengatasi permasalahan banjir yang kerap terjadi di sejumlah kawasan di Bandarlampung. Kegiatan ini dicanangkan satu kali dalam seminggu, dan dilakukan rutin setiap hari Jumat.

Bacaan Lainnya

Setiap kali melakukan Grebek Sungai Walikota Eva Dwiana selalu mengingatkan warganya yang tinggal di bantaran kali untuk menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah karena akan menghambat kelancaran arus air dan bisa menyebabkan meluapnya dan menjadi genangan di pemukiman warga.

Namun sangat disayangkan masih ada warga yang memilih tinggal di atas bantaran kali. Padahal pemkot sudah meminta warga untuk tidak membangun pemukiman di atas bantaran kali, termasuk membangun diatas resapan air.

Pemerintah Kota Bandarlampung sendiri mencatat ada lima aliran sungai yang perlu dilakukan pengerukan. Di antaranya Way Lunik, Prasanti, Tanjung Senang, Bumi Waras dan Sungai Kampung Kerawang.

Rizki Agung Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandarlampung menjelaskan, kelima sungai tersebut, ditunjuk berdasarkan kewenangan pengelolaan Pemerintah Kota Bandarlampung.

“Sementara yang bukan wewenang pemerintah kota akan dilakukan pembahasan bersama dengan pihak terkait,” tandasnya.




Pos terkait