Lima Warga Lampura Positif Covid-19

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebanyak lima warga Kabupaten Lampung Utara (Lampura), terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Lampung, Minggu (16/8).

Lonjakan positif covid-19 di Lampura tersebut, usai pelaksanaan musyawarah daerah (Musda) Partai Golkar beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya



Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampura, Budi Utomo, sekaligus Plt Bupati melalui Kepala Sekretariatan Posko, Sanny Lumi, mengatakan pihaknya menerima informasi tersebut, dari Labkesda Provinsi Lampung dua hari berturut-turut. 

Yakni 1 orang asal Kecamatan Kotabumi, dan Kotabumi Selatan sebanyak 2 orang terkonfirmasi pada Sabtu, 15 Agustus 2020 lalu.

Sementara pada Minggu, 16 Agustus 2020 diketahui 2 orang positif Covid-19. 1 orang dari tracking Musda Golkar dan 1 orang lainnya adalah pelaku perjalanan dari Palembang Sumatera Selatan (Sumsel).

“Total ada 5 orang terkonfirmasi. Salah satu diantara adalah pelaku perjalanan atau klaster Palembang,” kata dia dalam konferensi pers di Gedung Korpri Kotabumi, Minggu, (16/8).

Menurutnya pemeriksaan swab test dilaksanakan usai digelarnya Musda Golkar. Pemeriksaan dilakukan sebanyak 2 kali kepada 89 orang diduga melakukan kontak erat dengan seorang peserta berasal dari Bandar Lampung, diketahui terkonfirmasi positif covid-19. 

Setelah dilakukan tracking dengan rincian sebanyak 43 diambil sampel dari hidung dan tenggorokan pada, Kamis, 13 Agustus 2020, sisanya sebanyak 46 orang pada Jumat, 14 Agustus 2020.

“Pesertanya kurang lebih ada 100 orang dengan komposisi 60 peserta dan sisanya masyarakat umum. Kasus terkonfirmasi itu, baru diambil swab tesnya di sela pelaksanaan Musda, Selasa, 11 Agustus 2020. Baru kemudian diinformasikan sehari sesudahnya, Selasa, 12 Agustus 2020,” kata dia.

Dia mengatakan, untuk saat ini pihaknya tengah melakukan tracking terhadap warga yang disinyalir berkontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 pasca-Musda Golkar.

“Kami mengingatkan warga dengan adanya kejadian ini dapat meningkatkan kewaspadaan. Serta terus menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, pakai masker, jaga jarak, dan melaksanakan pola hidup sehat dan bersih (PHBS) di lingkungan masing-masing,” pungkasnya (ozy/mlo)



Pos terkait