Lingga : Target PAD Rp45,5 Miliar Harus Tercapai

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), mensosialisasikan pajak daerah yang dipusatkan di Aula Losmen Sunset Beach, Pekon Way Redak, Kecamatan Pesisir Tengah, Senin (7/6).

Hadir dalam kesempatan itu, Sekkab Pesbar Ir. N. Lingga Kusuma, M.P., Kepala Bapenda, Kasmir, S.Sos., Forkopimda dan peserta sosialisasi yang berasal dari pelaku usaha hingga masyarakat.

Bacaan Lainnya


Dalam kesempatan itu, Lingga Kusuma mengatakan sesuai undang-undang No.28/2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah memberikan keleluasaan kepada daerah untuk menggali potensi pajak dan retribusi yang ada di daerah masing-masing.

“Sejalan dengan hal itu, saya mengajak semua pihak terkait untuk terus berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), sehingga target PAD yang ditetapkan setiap tahun akan tercapai,” kata dia.

Dijelaskannya, kini pajak dan retribusi daerah sangat berpotensi meningkatkan pendapatan asli daerah apabila aparatur pemerintah dan masyarakat dapat meningkatkan kesadarannya dalam membayar pajak.

“Peningkatan pendapatan itu harus selalu diiringi dengan pemberian data objek dan subjek pajak yang riil sesuai dengan keadaan sebenarnya,” jelasnya.

Pada kesempatan itu juga, Lingga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah dapat memenuhi kewajiban pajaknya pada tahun 2020, secara khusus rasa terima kasih yang mendalam juga disampaikan kepada aparat di tingkat pekon/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten yang telah bahu membahu sehingga seluruh target yang telah ditetapkan pada tahun 2020 dapat tercapai.

“Target PAD Kabupaten Pesbar tahun 2021 sebesar Rp45.525.048.023 atau naik sebesar 0,43 % dari tahun sebelumnya, target itu tidak akan tercapai jika tidak ada peran serta masyarakat dalam membayar pajak,” terangnya.

Menurutnya, pihaknya mempunyai keyakinan yang besar bahwa pendapatan asli daerah masih dapat meningkat jauh lebih besar di tahun-tahun mendatang apabila semua pihak berkomitmen untuk melakukan upaya-upaya peningkatan yang nyata.

“Target yang ditetapkan itu bukan tidak mungkin akan tercapai, jika semua pihak yang terkait didalamnya dapat bekerja dengan sungguh-sungguh, baik dari petugas dari Pemkab Pesbar, tingkat kecamatan dan pekon hingga masyarakat,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)




Pos terkait