Listrik Sering Padam, PLN Waykanan Salahkan Kurangnya Kesadaran Warga

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Masyarakat Gunung Labuhan mengeluhkan minimnya perhatian petugas PLN terhadap kemungkinan bahaya yang disebabkan oleh banyaknya kabel listrik yang tertimpa pohon maupun dirambati rumput hutan.

Seperti yang ada di Kampung Bengkulu Raman, Kampung Tiuh Balak II dan Kampung Bengkulu Kecamatan Gunung Labuhan.

Bacaan Lainnya


“Saya pikir seringnya listrik PLN mati di Waykanan disebabkan oleh banyaknya jaringan listrik yang ada di Waykanan ini yang tertimpa pohon ataupun dirambati oleh rumput hutan, tetapi mirisnya ini seperti ada pembiaran dari pihak PLN setempat karena kejadian aliran listrik atau kabel listrik ditimpa pohon dan dibiarkan ini sudah sejak berbulan-bulan lalu terjadi,” ujar Anton dan Biputra 2 orang warga Kampung Bengkulu Kecamatan Gunung Labuhan.

“Di kampung saya banyak sekali kabel-kabel listrik yang jatuh dari tiang, tertimbun pepohonan bahkan tertimpa kayu yang roboh, kami sangat khawatir jika terjadi konsleting dan mengakibatkan kebakaran dan kabel kabel itu sudah lama sekali tidak terurus dan saya belum pernah saya lihat pihak PLN memperhatikan hal itu,” imbuh keduanya.

Berdasarkan investigasi di lapangan, hal serupa juga terjadi di sepanjang jalan dari kampung Negeri Baru menuju Kasui terlihat Banyak kabel listrik yang sudah dirambati oleh oyot pohon maupun tertimpa pohon sama dengan di Gunung Labuhan seakan dibiarkan oleh petugas PLN dan baru dilakukan pembersihan setelah ada kasus korsleting listrik ataupun gangguan jaringan.

Terpisah Filman Tasbir, salah satu pegawai PLN Waykanan yang berhasil dikonfirmasi menyatakan bahwa Kalau aliran arah kasui tidak menyebabkan listrik arah Pemda mati karena jalurnya berbeda, sementara untuk arah Banjit dan Pakuan Ratu sering mati hampir setiap hari karena kesadaran masyarakat belum ada, baik atas tanaman tumbuhan atau kenakalan remaja sehingga lampu kerap mati.

“Untuk Waykanan penyulang atau jalur dari GI ke lemabung jalur yang paling aman untuk Waykanan jarang mati, dan kalau listrik mati ya itu penyebabnya karena kerap dilempari warga yang tidak sadar bahaya dari perbuatan mereka,” ujar Filman.(wk1/mlo)


Pos terkait