Loekman Ingin UKM di Lamteng Maju

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemkab Lampung Tengah kembali menyerahkan surat izin usaha gratis kepada 54 usaha kecil menengah (UKM) di Kecamatan Kotagajah, Rabu (8/7).

Penyerahan dilakukan Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto didampingi Kepala  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) A. Helmi.

Bacaan Lainnya



Kepala DPMPTSP Lamteng A. Helmi mengatakan bahwa manfaat dari izin adalah sebagai aset bagi pelaku usaha yang nanti bisa membantu dalam pinjaman modal. 

“Hari ini total sebanyak 54 pelaku UKM yang menerima surat izin gratis. Semoga bermanfaat bagi pelaku usaha dan bisa memajukan ekonomi masyarakat,” katanya.

Helmi melanjutkan, DPMPTSP telah mengeluarkan 7.750 izin gratis. “Kita sudah keluarkan 7.750 izin gratis. Pada 2019 sebanyak 4.049 dan 2020 sebanyak 3.701. Semua izin yang dikeluarkan meliputi SIUP, TDP, dan TDG,” ungkapnya.

Sedangkan Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto menyatakan dirinya menginginkan masyarakat tidak lagi menjadi pekerja tapi pengusaha.

“Inilah upaya pemerintah daerah. Sesuai dengan niat dan janji saya sebagai kepala daerah supaya masyarakat Lamteng tidak lagi menjadi pekerja namun menjadi pengusaha. Kita selalu berupaya maksimal untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Lamteng,” katanya.

Syarat utama menjadi pengusaha, kata Loekman, adalah dengan memiliki izin. “Surat izin usaha adalah surat izin untuk dapat melaksanakan kegiatan usaha. Fungsi surat izin usaha  yaitu sebagai alat atau bukti pengesahan dari usaha  yang dilakukan. Majunya suatu daerah dapat dilihat dari geliat usaha menengah kecil,” ujarnya.

Karena itu, kata Loekman, Pemkab Lamteng mendukung perkembangan kemajuan masyarakat untuk menjadi pengusaha dengan memberikan surat izin untuk usaha kecil menengah secara gratis.

“Selamat melaksanakan kegiatan usahanya masing-masing. Mudah-mudahan usaha semakin maju dan mampu menumbuhkan lagi roda perekonomian,” ungkapnya.

Loekman juga menyampaikan bahwa akan ada rencana untuk memberi bantuan modal bagi UMKM yang terdampak Covid-19 untuk kembali menghidupkan roda perekonomian.

“Nanti ada rencana memberikan bantuan modal usaha  bagi UMKM yang terdampak Covid-19. Hidupkan kembali roda perekonomian,” katanya. (sya/mlo)



Pos terkait