Logistik Pilkada Lamteng Mulai Didistribusikan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Logistik alat kelengkapan TPS mulai didistribusikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Tengah, Sabtu (5/11). Hari pertama didistribusikan keenam kecamatan terjauh, yakni Rumbia, Buminabung, Putrarumbia, Seputihsurabaya, Bandarsurabaya, dan Bandarmataram.

Ketua KPU Lamteng Irawan Indrajaya menyatakan dari 8 kabupaten/kota, Lamteng mendistribusikan logistik yang pertama. “Kita pertama dari 8 kabupaten/kota yang menggelar pilkada dalam pendistribusian logistik. Enam kecamatan hari ini yang didistribusikan, yakni Rumbia, Buminabung, Putrarumbia, Seputihsurabaya, Bandarsurabaya, dan Bandarmataram,” katanya.

Bacaan Lainnya


Masalah pengamanannya, kata Irawan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan TNI-Polri. “Kita koordinasi dengan TNI-Polri. Juga teman-teman PPK dan PPS. Kita targetkan tiga hari tiga malam pendistribusian selesai. Kita berharap proses pendistribusian aman dan lancar tanpa kendala hingga semuanya sampai tepat pada waktunya di 28 kecamatan dan 2.390 TPS,” ujarnya.

Terkait thermogun dan C hologram yang sebelumnya belum diterima, kata Irawan, pihaknya melakukan langkah progresif penjemputan. “Kita progresif jemput tadi malam dari Bandarlampung. Makanya cepat langsung mendistribusikan,” ungkapnya.

Sedangkan anggota Bawaslu Lamteng Edwin Nur mengatakan pihaknya juga sudah koordinasi dengan Panwascam dan pengawas kampung untuk mengawasi logistik ini. 

“Kita sudah koordinasi dengan Panwascam dan pengawas kampung. Tentu untuk pengawasan logistik ini. Harus dipastikan logistik ini di tingkat kecamatan dan TPS aman. Kita juga tekankan untuk koordinasi juga dengan pihak keamanan,” ujarnya.

Sementara Kapolres Lamteng AKBP Popon Ardianto Sunggoro menyatakan pengamanan logistik melekat.

“Pengamanan logistik melekat. Pola keamanan mengcover truk nomor satu sampai belakang. Saling berkomunikasi dan dikawal Satlantas. Apabila ada hal yang tak diinginkan di lapangan, saya tekankan kepada personel jangan ragu-ragu. Ambil tindakan tegas terukur. Jangan ada sedikitpun kejadian di lapangan yang tidak kita inginkan. Ini tugas negara,” ungkapnya.

Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0411/LT Mayor Inf. Asrin mengatakan TNI-Polri melaksanakan tugas negara. “Pada dasarnya Kodim 0411 siap mendukung dan membackup tugas negara. Kodim telah mempersiapkan personel di koramil-koramil,” ujarnya.

Asrin melanjutkan, pihaknya melakukan  pengamanan tertutup dan siap kapan saja bila dibutuhkan.

“Kami melaksanakan keamanan tertutup. Siap kapan saja dan dimana saja untuk mengamankan logistik pilkada. Termasuk semua tahapan-tahapannya,” tegasnya. (sya/mlo)




Pos terkait