Logistik Pilkakon Tanggamus Telah Didistribusikan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Logistik untuk keperluan pemilihan kepala pekon (Pilkakon) serentak di Tanggamus telah didistribusikan.

“Sebagian besar logistik sudah didistribusikan, hanya tinggal untuk Kecamatan Pugung, secepatnya menyusul,” kata Asisten Bidang Pemerintahan Setdakab Tanggamus, Fathurrahman.

Bacaan Lainnya


Fathurahman menambahkan logistik yang didistribusikan berupa surat suara, kotak suara, bilik pencoblosan. Untuk lainnya ditangani oleh panitia pilkakon masing-masing karena dana penyelenggaraan sudah diberikan ke panitia pilkakon masing-masing.

Sementara logistik jenis kotak suara dan bilik pencoblosan meminjam dari KPU Tanggamus. Dan pendistribusian  dimonitoring serta dikawal kepolisian dan untuk pengamanan dan kelancaran. 

Fathurrahman menjelaskan, setelah logistik tiba di kantor kecamatan panitia pilkakon tingkat pekon mengambil di kantor kecamatan. Selanjutnya disimpan di panitia pilkakon. 

“Kegiatan, pendistribusian masih berlangsung lancar dan kondusif, kami belum menerima laporan kendala distribusi,” ujar Fathurrahman. 

Ia menjelaskan, tiap pekon minimal ada dua tempat pemungutan suara (TPS), sebab instruksi Mendagri jika ada 500 pemilih maka TPS harus dibagi.

Sehingga tiap pekon ada TPS induk dan TPS tambahan. Untuk TPS induk ketuanya Ketua KPPS dan TPS tambahan ketuanya koordinator. Dengan begitu totalnya ada 734 TPS bagi 220 pekon yang gelar pilkakon.

Kemudian untuk pelaksanaan pencoblosan di nantinya surat suara dibuka di TPS induk untuk dihitung, lalu dibagikan ke TPS tambahan sesuai jumlah pemilih.

“Tugas TPS tambahan hanya pencoblosan, dan TPS induk untuk pencoblosan dan perhitungan setelah waktu pencoblosan berakhir,” pungkas Fathurahman.(ehl/rnn/mlo)




Pos terkait