Longsor di Jalinbar, Jaringan Listrik Sempat Terganggu

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Musibah tanah longsor kembali terjadi di wilayah kabupaten Pesisir Barat, tepatnya di ruas jalan lintas barat (Jalinbar), Pekon Tebakak Waysindi, Kecamatan Karyapenggawa, kemarin Selasa (10/3), sekira pukul 09.30 WIB.

Tanah longsor tersebut berasal dari tebing di sisi badan jalan jalan, akibatnya jaringan listrik di wilayah Pekon Tebakak hingga Kecamatan Lemong dilakukan pemadaman sementara dan sebagian badan jalan tertimbun material longsor.

Bacaan Lainnya



Susiadi salah seorang petugas teknik PLN Kantor Jaga Krui mengatakan sekitar pukul 09.35 pihaknya yang sedang berada di Pekon Biha Kecamatan Pesisir Selatan menerima laporan bahwa kondisi listrik di wilayah Kecamatan Karyapenggawa hingga Kecamatan Lemong tidak stabil.

“Kemudian kami langsung melakukan penyisiran di sepanjang Jalinbar itu, dan ditemukan tanah longsor terjadi di Pemangku Kayu Lada, pekon tebakak, material pohon mengenai jaringan utama listrik menuju Kecamatan Lemong yang mengakibatkan jaringan terganggu,” kata dia.

Dijelaskannya, melihat kondisi tersebut pihaknya langsung melakukan pembersihan material pohon yang terbawa longsor agar tidak mengganggu jaringan listrik yang berada persis di atas tanah longsor itu.

“Material longsor berupa pohon sudah kita bersihkan, sekarang tinggal menunggu proses pembersihan dari badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) atau dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR) dengan menggunakan alat berat,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Karyapenggawa Cahyadi Muis mengatakan dirinya telah melakukan koordinasi dengan peratin Tebakak Waysindi agar dapat mengajak masyarakat di pekon tersebut untuk bersama-sama membersihkan material longsor itu.

“Peratin Tebakak Waysindi sudah kita hubungi, mereka siap membersihkan material longsor tersebut bersama-sama dengan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logsitik Mizan Fatni mendampingi Kepala BPBD Pesbar Syaifullah, S. Pi., mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan aparat pekon Tebakak Waysindi terkait rencana pembersihan material longsor tersebut.

“Pembersihan material longsor itu akan kita lakukan secara manual, jadi sekarang kita masih menyiapkan personil yang akan membantu proses pembersihan material longsor itu,” singkatnya. (ygi/mlo)



Pos terkait