Longsor Meluas, Dekati Pemukiman Warga Padangdalom

  • Whatsapp
foto edi/mlo

Medialampung.co.id – Tingginya intensitas hujan yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Barat sejak beberapa pekan terakhir membuat mengakibatkan tebing longsor di Pekon Padangdalom, Kecamatan Balikbukit kian parah dan semakin mendekati pemukiman warga. 

Longsor sepanjang 10 meter dengan luas enam meter dan kedalaman sekitar 20 – 30 meter tersebut kondisinya semakin hari semakin meluas dan merusak lahan perkebunan warga.  Untuk itu,  warga berharap segera ada penanggulangan dari Pemkab Lambar. 

Bacaan Lainnya



Peratin Padangdalom Endra Gunawan membenarkan bahwa longsor yang telah terjadi sejak beberapa tahun lalu itu hingga kini kondisinya semakin parah dan belum mendapat penanganan dari instansi terkait.

”Sebelumnya camat dan beserta tim dari BPBD sudah meninjau lokasi dan kondisinya memang sudah sangat parah bahkan tidak ada upaya penanggulangan kondisi itu semakin membahayakan pemukiman penduduk,” ungkap Endra Gunawan.

Selain itu ia menambahkan, masyarakat sudah diinstruksikan untuk membuat saluran air sementara, sambil menunggu penanganan dari dinas terkait, dan hal tersebut telah dilakukan oleh masyarakat setempat.

”Longsor itu merupakan saluran pembuangan air, dan kerusakan sudah berlangsung sejak lama, namun hingga kini belum ada penanganan dari instansi terkait,”kata dia seraya menambahkan bahwa Sejauh ini, longsor tersebut telah berdampak terhadap beberapa titik areal perkebunan warga yang tidak dapat dikelola secara maksimal.

Sementara, Camat Balikbukit Drs. Akmal Hakim mengatakan berdasarkan hasil peninjauan di lokasi bersama BPBD akan diupayakan penanggulangan bersifat darurat, namun masih akan diusulkan ke Pemkab Lambar.

”Sudah kita cek dan koordinasikan, saluran pembuangan air itu untuk  sementara harus dialihkan supaya tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah lagi, dan mudah-mudahan dalam waktu dekat upaya penanganan kedaruratan segera terlaksana,” harapnya. (edi/mlo)



Pos terkait