Longsor Meluas, Warga Desak Lakukan Perbaikan

  • Whatsapp

Medialampunh.co.id, BATUKETULIS – Bencana longsor yang terjadi di ruas jalan utama Pekon Atarkuaw, Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat sejak Desember 2018 lalu hingga kini belum ada penanganan dari instansi terkait.

Hal itu berdampak pada meluasnya kerusakan, selain mengancam putusnya badan jalan. Longsor juga mengancam terputusnya pipa distribusi air ke wilayah setempat.

Bacaan Lainnya



“Kondisinya semakin parah, jika tidak segera mendapat penanganan kami khawatir satu-satunya jalan keluar masuk pekon ini bisa putus, belum lagi ada pipa distribusi air yang kini sudah menggantung dan sewaktu-waktu bisa patah,” ungkap Peratin Atarkuaw Tri Aryogi, Minggu (23/6).

Terkait dengan upaya kedaruratan, kata dia, pihaknya bukan tidak ingin melakukan perbaikan sementara, hanya saja kondisi longsor yang cukup luas dengan kedalaman sekitar 8 meter akan menyulitkan jika hanya dilakukan dengan peralatan seadanya.

“Sudah pernah kita coba pasang talut penahan tanah dengan peralatan seadanya tapi percuma, tidak mengurangi kerusakan, kalau di tangani permanen tentu akan menyalahi karena status jalan ini jalan kabupaten,” ungkapnya.

Dengan kondisi itu, masyarakat mendesak agar pemkab segera melakukan upaya penanganan agar bencana tersebut tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah lagi. “sejak beberapa tahun ini belum ada peningkatan akses jalan kabupaten di Atarkuaw oleh karena itu, selain penanganan longsor kami berharap ada pembangunan juga untuk jalan utama,” imbuhnya.

Sebab, kata dia, dengan adanya peningkatan jalan utama tersebut kedepan diharapkan anak –anak khususnya pelajar di wilayah setempat tidak lagi kesulitan saat hendak menempuh dunia pendidikan, karena selama ini jalur tersebut sulit dilalui terutama saat hujan turun.

“Peningkatan di ruas jalan ini sangat di harapkan. Karena kasihan dengan anak-anak sekolah yang setiap harinya melintas di jalan berlumpur hanya untuk menempuh pendidikan,” kata dia.

Sementara itu, untuk menindaklanjuti bencana jalan longsor tersebut Pemerintah Kecamatan Batuketulis mengaku telah melaporkan ke sejumlah organisasi perangkat daerah terkait agar segera dilakukan upaya penanganan darurat.

“Sudah kita laporkan, mungkin sudah masuk skala prioritas, bencana itu karena memang tidak terlepas dari kondisi alam disamping itu wilayah pekon atarkuaw juga merupakan kawasna perbukitan sehinga sangat rentan terjadi longsor,” ungkap Camat Batuketulis Hepni.

Selain soal penanganan longsor, kata Hepni pihaknya juga akan berkoordinasi terkait usulan peningkatan jalan poros penghubung yang hingga kondisinya sangat dikeluhkan tersebut.

“Kita juga sudah sering terima keluhan, yang jelas persoalan perbaikan jalan ini akan kita koordinasikan juga ke OPD terkait, harapannya bisa segera memperbaiki, agar masyarakat tidak lagi khawatir ketika melintasi di jalan tersebut dan yang terpenting bisa mendukung kelancaran perekonomian masyarakat,”pungkasnya.(edi/mlo)



Pos terkait