Longsor Timbun Dua Akses Jalan di Sukabumi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bencana longsor terjadi di dua titik di wilayah Pemangku Waysalang, Pekon Sukabumi, Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat, Senin (20/1/2020) sekitar pukul 16:00 WIB.

Dalam bencana itu, tebing setinggi sekitar 10 meter ambruk dan menimbun dua akses jalan di dua lokasi berbeda yakni penghubung antar pemangku dan jalan kabupaten.

Bacaan Lainnya



Peratin Sukabumi Marwan mengatakan akibat bencana longsor itu, arus lalulintas sempat lumpuh total. Untuk akses jalan RT II tertimbun material longsor sepanjang sekitar 10 meter. Sementara akses jalan kabupaten tertimbun sepanjang sekitar 30 meter.

“Di masing-masing lokasi kondisi jalan yang tertimbun longsor cukup parah, sehingga akses sempat lumpuh total, namun anggota gabungan dari Polsek Sekincau dan Polres Lambar sudah turun untuk membantu proses evakuasi material longsor,” terang dia.

Sejauh ini, kata dia, upaya evakuasi yang dilakukan tersebut telah membuka akses bagi kendaraan roda dua, pihaknya juga berharap instansi terkait dapat menurunkan alat berat ke lokasi.

“Sejauh ini baru kendaraan roda dua yang dapat melintas, dan kami akan segera melaporkan peristiwa ini ke OPD terkait, supaya segera mendapat penanganan lebih lanjut,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolsek Sekincau Kompol Suharjono S.H., mendampingi Kapolres AKBP Rachmat Tri Hariyadi, S.Ik, M.H., membenarkan peristiwa tersebut, pihaknya sempat mengevakuasi material longsor tersebut dengan peralatan seadanya, namun karena besarnya volume longsor itu maka saat ini arus lalulintas khususnya di jalan kabupaten baru dapat dilalui kendaraan roda dua.

“Bencana longsor ini terjadi di dua titik dan masing-masing menutupi seluruh bahu jalan, Namun berkat upaya bersama warga akhirnya dapat dilalui sepeda motor,” terang Suharjono.

Saat ini, kata dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan meminta bantuan alat berat untuk mengevakuasi material longsor tersebut.(edi/mlo)



Pos terkait