LPJU Mati, DLH Pesbar Surati Kementerian ESDM

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), telah berkoordinasi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait sejumlah lampu penerangan jalan umum (LPJU) di kabupaten setempat yang tidak menyala.

Kadis Lingkungan Hidup Pesbar, Husni Arifin, S. Ip., mengatakan pada tahun 2019 lalu Kementerian ESDM membangun 300 unit LPJU yang tersebar di 14 pekon enam kecamatan di kabupaten setempat.

Bacaan Lainnya



“Dari jumlah itu terdapat 28 unit LPJU yang tidak menyala baik dari awal dibangun dan saat tengah perjalanan, tapi hingga kini belum ada respon dari Kementerian ESDM terkait upaya perbaikannya,” kata dia.

Dijelaskannya, berdasarkan data yang diterima dari seluruh peratin lokasi pembangunan, banyak LPJU yang tidak menyala saat baru selesai dibangun, namun tidak ada upaya perbaikan dari petugas yang melaksanakan pembangunan.

“Meski sejak awal memang tidak menyala, namun tidak ada upaya perbaikan yang langsung dilakukan oleh rekanan pelaksana kegiatan itu, sehingga banyak warga yang mengeluhkan keberadaan LPJU yang tidak berfungsi itu,” jelasnya.

Dikatakannya, seluruh kegiatan yang berkaitan dengan LPJU itu merupakan tanggungjawab kementerian ESDM, hal itu karena mulai dari perencanaan hingga pembangunan dilakukan oleh kementerian ESDM.

“Kita hanya menerima laporan saja bahwa ada kegiatan tersebut dari kementerian ESDM, karena itu jika ada keluhan masyarakat maka kami hanya sebatas meneruskan saja,” terangnya.

Meski begitu, pihaknya tetap mengupayakan agar ada perbaikan yang dilakukan kementerian ESDM pada LPJU yang tidak menyala tersebut, namun hingga kini masih belum ada jawaban dari permohonan yang disampaikan.

“Kita berharap segera dilakukan perbaikan, apalagi banyak LPJU yang tidak menyala sejak awal dibangun, karena banyak warga yang mengeluhkan LPJU yang seharusnya memberikan penerangan saat malam hari, malah tidak berfungsi,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)



Pos terkait